Jakarta (ANTARA) -- Solo yang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Kota Solo terkenal pula dengan batiknya yang digemari oleh para wisatawan, banyak sekali wisatawan dari dalam negeri hingga mancanegara yang mengunjungi kota Solo untuk berwisata.

Bagi Anda yang sedang bepergian ke Solo untuk berwisata, terdapat banyak rekomendasi tempat sewa mobil Solo yang juga bisa Anda kunjungi untuk dapat menyewa mobil sehingga aktivitas wisata dapat berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Solo yang terpopuler dan instagramable :

The Heritage Palace
Daftar rekomendasi tempat wisata di Solo yang pertama adalah The Heritage Palace Solo yang merupakan salah satu objek wisata baru.

The Heritage Palace mengusung konsep unik dengan tema opera klasik yang terlihat dari bentuk bangunan, ornamen-ornamen, dan barang-barang antik yang ada di The Heritage Palace.

Bangunan yang dulunya bekas pabrik gula ini disulap sedemikian rupa hingga berbentuk layaknya istana yang megah.

Biaya untuk dapat masuk kawasan The Heritage Palace sangat terjangkau yakni mulai dari Rp30 ribu saja untuk kawasan outdoor.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Surakarta.
Meski kompleks bangunan keraton ini sekarang masih menjadi tempat tinggal bagi susuhunan atau sunan dan rumah tangganya yang hingga saat ini masih menjalani tradisi kasunanan, bangunan ini dibuka kepada umum sebagai salah satu objek wisata yang ada di Solo.

Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian atau hadiah dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Apabila dilihat dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik dengan dilengkapi balairung-balairung mewah serta lapangan dan paviliun yang luas.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunegaran yang menjadi tempat kediaman para Adipati Mangkunegaran.

Bangunan ini memiliki arsitektur yang menyerupai keraton dengan memiliki bagian-bagian seperti pamedan, pendhapa, pringgitan, dalem, dan keputren.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat pertunjukan gamelan yang digelar setiap hari Rabu.

Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45 merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang banyak dikunjungi oleh anak-anak muda.

Berada tidak jauh dari pusat kota, Gedung Djoeang 45 sangat cocok untuk dijadikan foto karena memiliki banyak spot foto yang instagramable.

Disamping itu, Gedung Djoeang 45 memiliki konsep bangunan yang berdesain Eropa tua maupun modern.

Pengunjung akan diberikan kesan estetik dengan perpaduan antara bangunan lawas dan modern yang dihiasi oleh lampu temaram.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022