Jakarta (ANTARA) - Jalur kereta China-Laos dinilai memiliki banyak manfaat bagi perekonomian masyarakat Laos antara lain karena membantu meningkatkan kinerja pembangunan dan taraf kemakmuran sejak beroperasi sekitar setahun lalu.

Jalur kereta itu menghubungkan Kunming di Provinsi Yunnan, China barat daya, dengan Vientiane, ibu kota Laos. Jalur kereta itu telah mengubah Laos, negara yang terkurung daratan menjadi pusat transportasi yang penting di kawasan tersebut.

Jalur kereta itu memangkas waktu tempuh antarkota di sepanjang rute tersebut, memungkinkan warga untuk mengenyam pendidikan, mengunjungi sanak keluarga, atau menerima perawatan medis dengan lebih cepat dan mudah.

Jalur Kereta China-Laos seksi Laos telah menciptakan lebih dari 110.000 lapangan pekerjaan bagi masyarakat Laos sejak pembukaannya, sehingga mendorong perekonomian setempat.

Jalur Kereta China-Laos juga menjadikan pengangkutan logistik berjalan cepat dan biayanya dapat dikendalikan. Hingga awal Desember, jalur kereta itu telah mengangkut sekitar 2 juta ton barang, dengan peningkatan kategori kargo menjadi lebih dari 1.200 kategori.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022