Jakarta (ANTARA) - Tahun 2022 menjadi tonggak kembalinya panggung hiburan tanah air, hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai konser dan festival musik. Namun, tidak semuanya berjalan lancar, ada juga yang ditunda bahkan dibatalkan.

Dalam satu bulan, pertunjukan musik bisa terselenggara satu hingga tiga kali. Jumlah penonton yang hadir pun cukup banyak bahkan ada yang sampai dihentikan akibat telah melebihi kapasitas.

Ada juga beberapa pertunjukan yang terpaksa ditunda lantaran masalah teknis dan keamanan.

Berikut ini adalah daftar pertunjukan musik yang dibatalkan dan ditunda sepanjang tahun 2022;

Baca juga: Konser "Semusim Nicky Astria" siap digelar pada 8 Oktober

Dewa 19

Konser yang bertajuk "Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya" ini seharusnya dilaksanakan pada 12 November 2022 di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Penundaan ini terjadi karena adanya miskomunikasi antara pihak penyelenggara dan Polda Metro Jaya. Konser ini baru akan terlaksana pada 4 Februari 2023 di tempat yang sama.

Berdendang Bergoyang

Festival Berdendang Bergoyang dilaksanakan pada 28-30 Oktober 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Awalnya pertunjukan musik ini berlangsung seperti yang sudah dijadwalkan.

Namun, memasuki hari kedua, pihak kepolisian terpaksa membubarkan pertunjukan lantaran jumlah penontonnya melebihi kapasitas yang disediakan. Pertunjukan pada hari ketiga pun akhirnya dibatalkan untuk menghindari kondisi buruk akibat penonton yang berdesak-desakan.

Tur konser Slank

Peristiwa Berdendang Bergoyang ternyata berimbas pada pertunjukan lainnya. Tur Slank "Beautiful Smile Indonesia" yang seharusnya digelar di beberapa kota terpaksa dibatalkan.

Pertunjukan ini seharusnya dilaksanakan pada 6 November 2022 dan kota Palembang menjadi awal perjalanannya. Pembatalan tersebut dikarenakan alasan keamanan.

Justin Bieber

Konser bertajuk "Justice World Tour 2022" ini seharusnya berlangsung pada 2-3 November 2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun karena alasan kesehatan, Justin membatalkan seluruh rangkaian tur dunianya, termasuk Indonesia. Pertunjukan musik ini akan tetap diselenggarakan pada tahun 2023, namun untuk tanggal dan tempatnya baru akan diumumkan kemudian.

We All Are One K-pop

Festival musik ini harusnya diselenggarakan pada 10-12 November 2022. Pembatalan ini merupakan imbas dari tradegi Halloween di Itaewon, Korea Selatan pada 29 Oktober 2022. Pertunjukan ini dijadwalkan ulang untuk tahun 2023, di mana artis yang tampil antara lain BamBam GOT7, Youngjae GOT7, Oh My Girl, Astro, SF9, Chen EXO, Pentagon dan CIX.

GUDLIVE

Festival musik yang seharusnya dihelat pada 18-20 November 2022 di GBK Area Jakarta ini ditunda karena masalah teknis. Menurut jadwal terbaru, GUDLIVE akan berlangsung pada 18-19 Maret 2023.

GUDLIVE mendatangkan sejumlah musisi internasional seperti Dashboard Confessional, Eric Nam, Chvrches, Ruel, Lauv, Lee Hi, Chelsea Cutler, Honne dan lainnya.

Baca juga: Konser "Selamat Ulang Tahun" suguhkan teater kisah hidup Nadin Amizah

Baca juga: Konser budaya "Nada Nusantara" kampanyekan alat musik tradisi

Baca juga: Armada akan gelar konser "15 Tahun Berkarya" di 15 kota mulai Oktober

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022