Jakarta (ANTARA) - Kompolnas pada 28-30 Desember 2022 turun memantau kesiapan pengamanan Tahun Baru 2023 di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Mendapat kesempatan dalam tugas fungsi pengawasan fungsional Kompolnas di Wilayah Hukum Polda NTT pada tanggal 28-30 Desember 2022 ini," kata Anggota Kompolnas Mohammad Dawam dalam keterangannya diterima di Jakarta, Kamis.

Mohammad Dawam datang ke NTT bersama Tim Staf Sekretariat Kompolnas, Kinanthi Ulfa Aristi dan Yosef Gaspar dan diterima langsung Kapolda NTT Irjen Pol. Johni Asadoma, Wakapolda, Irwasda dan PJU Polda NTT.

"Kegiatan kami di NTT kali ini dalam rangka tiga agenda utama, pertama pemantauan PAM Operasi Lilin Turangga Nataru 2022 di NTT," kata dia.

Kemudian, agenda berikutnya lanjut Dawam yang memantau persiapan kepolisian di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Baca juga: Kompolnas tinjau kesiapan pengamanan di Sumut

Baca juga: IPW dorong perluasan kewenangan Kompolnas


"Ketiga Sosialisasi Surat Kesepakatan Bersama (SKB) Kompolnas-Polri di Mapolda NTT yang diikuti seluruh jajaran Polres se NTT," paparnya.

Khusus kegiatan sosialisasi SKB terkait proses penyelesaian hukum itu menurut dia penting dalam rangka pemantauan, sekaligus kemungkinan jika terjadi permasalahan hukum di NTT.

"Ke depan dalam suatu waktu di NTT, jika terdapat masalah hukum yang diperlukan agenda kolaborasi dalam advokasi hukum bersama antara Kompolnas dan Polda NTT terkait proses hukum pidana dalam pra peradilan maupun proses hukum perdata dalam perbuatan melawan hukum (PMH)," ucapnya.

Bahkan, lanjut Dawam termasuk jika kemungkinan terdapat penegakan Kode Etik Profesi Polri di NTT yang melibatkan anggota.

Lebih dari itu kata dia penerapan SKB menjadi penting, utamanya terkait pertukaran dan pemanfaatan data/informasi di kedua lembaga yang berbasis elektronik dan non elektronik pada era digital saat ini, baik di jajaran lembaga tingkat pusat/Mabes maupun tingkat provinsi (Polda) hingga Polres.

"Terima kasih kepada semua pihak yang ikut menfasilitasi kegiatan-kegiatan di atas, Kupang, 29 Desember 2022," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022