Badung (ANTARA) - Sejumlah ruas jalan menuju Pantai Kuta dan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Badung, Bali, Sabtu, ditutup oleh kepolisian demi mencegah kemacetan dan tumpukan kendaraan selama perayaan malam pergantian tahun di daerah tujuan wisata tersebut.

Sejumlah polisi telah memasang pembatas di simpang-simpang menuju Pantai Kuta dan GWK sehingga kendaraan harus menggunakan jalur alternatif untuk mencapai tujuan.

Sementara itu, wisatawan yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Pantai Kuta harus berjalan kaki ke lokasi, dan memarkir kendaraannya di kantong-kantong parkir yang tersedia.

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra saat meninjau beberapa lokasi wisata di daerah Berawa, Kuta Utara, Badung, Sabtu menyampaikan kemacetan menjadi perhatian utama kepolisian saat perayaan malam pergantian tahun di Bali.

“Di bidang lalu lintas, yang rawan adalah kemacetan. Anggota kami akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan. Macet pasti macet, yang penting laju kendaraan tidak stuck,” kata Kapolda Bali.

Untuk rekayasa lalu lintas di daerah Pantai Kuta, kepolisian menutup akses jalan menuju Monumen Ground Zero, Pantai Kuta, dan Jalan Legian.

Oleh karena itu, pengendara yang menuju ground zero akan dialihkan ke Jalan Legian Kaja sampai dengan Jalan Raya Seminyak. Kemudian, pengendara yang keluar dari Jalan Bene Sari dialihkan ke utara atau mengarah ke Hotel Si Doi dan ke Jalan Patimura. Pengendara yang menuju ke Jalan Legian akan dialihkan ke Jalan Majapahit dan Jalan Mataram.

Rekayasa lalu lintas juga berlaku di Simpang Raya Kuta. Kendaraan yang menuju Kuta dialihkan ke Jalan Setiabudi, sementara jalan yang menuju Pantai Kuta dialihkan ke Jalan Raya Kuta.

Kendaraan dari Jalan Kartika Plaza menuju Pantai Kuta juga dialihkan ke Jalan Tegal Wangi, dan arus lalu lintas ke arah pantai dialihkan ke utara menuju Simpang Puseh sampai dengan Temacun.

Untuk lalu lintas di Simpang Patih Jelantik sampai dengan Jalan Dewi Sri, kepolisian menerapkan buka tutup untuk mengurai kepadatan kendaraan di daerah Kuta.

Sementara itu, akses jalan dari Uluwatu menuju GWK ditutup, dan kendaraan dialihkan ke arah timur menuju Jalan Pura Batu Pageh sampai dengan Jalan Darmawangsa. Kemudian, jalan dari arah GWK menuju ke arah timur ditutup, dan kendaraan dialihkan ke utara menuju Simpang Kali.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022