Pamekasan (ANTARA) - Banjir akibat luapan sungai di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu sekitar pukul 18.00 WIB mulai menggenangi perkampungan warga di Kelurahan Jungcangcang dan Kelurahan Kangean Pamekasan.

Banjir kiriman mulai menggenangi perkampungan warga antara lain di Jalan Sinhaji dan Jalan Trunojoyo, Pamekasan dengan ketinggian genangan antara 30 hingga 40 cm.

"Banjir yang terjadi di Pamekasan malam ini merupakan banjir kiriman, karena di daerah hulu hujan turun dengan deras," kata Analis Muda Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Budi Cahyono di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu malam.

Selain menggenangi perkampungan warga, banjir akibat luapan Sungai Kalisemajid ini juga menggenangi sejumlah ruas jalan di Jalan R Abdul Aziz Pamekasan.

Baca juga: Banjir akibatkan pasien Klinik Fajar Habibi Pamekasan dievakuasi

Sejumlah sekolah, seperti SMP Negeri 1 Pamekasan dan SDN Jungcangcang Pamekasan juga tergenang banjir, termasuk kantor PGRI di Jalan Segara Pamekasan.

"Selain karena banjir kiriman, banjir di dalam kota ini juga karena air laut dalam kondisi pasang, sehingga air aliran sungai tidak segera surut," katanya.

Sementara itu, warga yang rumahnya mulai tergenang banjir nampak mulai mengevakuasi barang-barang miliknya seperti tempat tidur dan barang pecah belah ke tempat yang lebih aman.

"Kami juga telah menerjunkan tim khusus, termasuk perahu karet untuk mengevakuasi warga, terutama yang tinggal dekat aliran sungai ke tempat yang lebih aman," kata Budi yang juga Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan itu.

Baca juga: Debit air meningkat, BPBD tetapkan status siaga banjir di Pamekasan

Hingga sekitar pukul 20.00 WIB belum ada tanda-tanda banjir akan surut, bahkan arus banjir di sejumlah titik di Kelurahan Jungcangcang terpantau semakin deras.

Sementara itu, menurut data BPBD Pamekasan banjir yang melanda Pamekasan kali ini merupakan sebagian dari delapan kejadian banjir yang terjadi pada 31 Desember 2022.

Tujuh lokasi lainnya adalah di Puskesmas Waru, Kecamatan Waru, Pamekasan, Desa Lesong Laok, Kecamatan Batumarmar, Desa Ponjanan Barat, Kecamatan Batumarmar, dan Desa Tolonto Ares, Kecamatan Waru.

Empat lokasi lainnya masing-masing Desa Palengaan Daja, Kecamatan Palengaan, Sungai Pasean, Kecamatan Pasean, Dusun Kapasan, Desa Rombuh, Kecamatan Palengaan, dan Dusun Tretah 1, Desa Palengaan Daja, Kecamatan Palengaan.

Baca juga: Banjir bandang landa Pasean Pamekasan

"Jadi ada sembilan lokasi kejadian banjir pada hari ini, termasuk di Pamekasan, serta banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Pasean," kata Kepala Pelaksan (Kalaksa) BPBD Pamekasan Amin Jabir.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022