Meulaboh (ANTARA) - Polres Aceh Barat mengerahkan 300 personel untuk mengamankan hari libur tahun baru 2023 di sejumlah lokasi yang tersebar di daerah itu.

“Pengerahan personel ini sebagai upaya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat menjelang pergantian tahun baru,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso di Meulaboh, Sabtu malam.

Personel yang turut membantu pengamanan tersebut juga meliputi prajurit TNI dari jajaran Kodim 0105/Aceh Barat, Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Aceh Barat, Dinas Perhubungan Aceh Barat, relawan RAPI, serta sejumlah pihak lainnya.

Ia mengatakan personel dikerahkan untuk memberikan rasa aman masyarakat yang menikmati hari libur saat pergantian tahun baru, ketika berada di sejumlah lokasi publik.

Selain itu, mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat masyarakat sedang berlibur dan sekaligus menciptakan suasana yang aman dan tertib di masyarakat.

Baca juga: Masyarakat padati Bundaran HI sambut malam pergantian Tahun

Kapolres Pandji Santoso juga menambahkan pengamanan hari libur tahun baru 2023 tersebut terbagi di tiga ring, di antaranya ring satu merupakan lokasi yang dianggap paling rawan terjadinya tindak pidana kejahatan dan kriminalitas di masyarakat.

Di ring kedua ditempatkan personel gabungan di dua lokasi seperti di Pos Satuan Lalu-Lintas Polres Aceh Barat di ruas Jalan Nasional Meulaboh serta di lokasi pusat perbelanjaan publik di daerah tersebut, termasuk melakukan patroli bersama polsek.

Ppengamanan di ring ketiga dilakukan di seluruh Kabupaten Aceh Barat dengan melibatkan sejumlah tim gabungan guna menciptakan suasana yang kondusif dan aman di masyarakat.

“Kami bersama tim gabungan di Aceh Barat selalu siap memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat,” demikian AKBP Pandji Santoso.

Baca juga: Kawasan wisata pantai selatan Sukabumi mulai dipadati pengunjung
Baca juga: Ribuan warga Karawang turun ke jalan rayakan malam tahun baru

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023