Bintan (ANTARA) - Sekitar 700 wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2023 masuk perdana ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggunakan jalur transportasi laut.

Para wisman tersebut berangkat dari pelabuhan Tanah Merah Singapura menggunakan Kapal Ferry Aria Bupala, dan tiba di pelabuhan internasional Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, Minggu (1/1).

"Ini wisman perdana di awal tahun 2023. Kita sangat menyambut gembira kedatangan mereka," kata Bupati Bintan Roby Kurniawan usai menyambut kedatangan turis perdana di tahun 2023.

Roby berharap kedatangan ratusan turis asing di awal tahun ini menjadi penanda pariwisata Bintan bisa benar-benar bangkit kembali, setelah dua tahun lebih terpuruk dampak dari pandemi COVID-19.

Ia menyebut geliat pariwisata akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD), yang minimal bisa kembali seperti kondisi sebelum pandemi.

"Kita semua tahu, 70 persen PAD Bintan bersumber dari sektor pariwisata," ujar Roby.

Baca juga: Target pendapatan pariwisata Bintan Rp200 miliar

Sementara, GM PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) sekaligus pengelola kawasan wisata Lagoi, Bintan, Abdul Wahab mengatakan hari ini total ada empat kedatangan Kapal Ferry dari Singapura dengan total wisman sekitar 700 orang. Wisman didominasi dari Singapura, dan ada juga dari Jepang hingga Australia.

Abdul Wahab memastikan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Bintan dan semua stakeholder terkait guna makin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya mancanegara.

Dia pun optimistis tahun ini industri pariwisata bisa menyumbangkan PAD Bintan sekitar Rp300 miliar seiring makin membaiknya kondisi pandemi COVID-19.

"Konsep kolaborasi juga diterapkan sebagai salah satu pengembangan daya tarik wisata, di mana ke depannya wisatawan yang menginap di Kawasan Lagoi akan bisa berkeliling Bintan hingga Tanjungpinang untuk melihat destinasi lainnya," ucap Abdul Wahab.

Kedatangan perdana wisman di Lagoi disambut meriah dengan resam budaya khas Melayu, yaitu tari persembahan dan sekapur sirih oleh kelompok sanggar tari tempatan.

Baca juga: Pertama setelah pandemi, 35 wisman Singapura tiba di Bintan

Selain Bupati Bintan, sejumlah pejabat forkopimda ikut hadir menyambut sekaligus mengalungkan bunga sebagai ucapan selamat datang kepada turis asing tersebut.

Pewarta: Ogen
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023