Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan terkait aktivitas perjalanan orang-orang yang mulai kembali ke rumah mereka pasca libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023 menjadi informasi yang paling banyak diklik dalam kanal ekonomi Antaranews.com pada Minggu (1/1/2023).

Mulai dari aktivitas penyeberangan yang terjadi di Pelabuhan Merak hingga Pelabuhan Bakauheni yang terpantau normal setelah sebelumnya padat akibat cuaca ekstrem, lalu calon penumpang kereta yang memadati Stasiun Pasar Senen imbas keterlambatan kereta akibat banjir di Semarang.

Berikut berita-berita terpopuler ekonomi selengkapnya.


Penyeberangan Merak-Bakauheni kembali normal

Pada Minggu dini hari (1/1/2022), aktivitas penyeberangan yang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten, hingga Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terpantau kembali normal dengan kendaraan naik ke atas kapal di Dermaga 3 berjalan lancar dibandingkan dengan pada Sabtu (31/12) sore yang terjadi kepadatan akibat cuaca ekstrem.

Aktivitas penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar tanpa terjadi antrean dengan kendaraan bisa diseberangkan.

Baca selengkapnya di sini.


Perjalanan 10 KA lintas utara dialihkan ke selatan akibat banjir

PT Kereta Api Indonesia mengalihkan perjalanan 10 kereta api lintas jalur utara Jawa Tengah ke selatan karena rel masih tergenang akibat banjir yang terjadi sejak Sabtu (31/12) hingga Minggu (1/1).

Selain mengalihkan perjalanan 10 kereta, terdapat empat rangkaian kereta yang dibatalkan keberangkatannya. Keempat rangkaian tersebut masing-masing dua rangkaian KA Blora Jaya tujuan Semarang-Cepu dan dua rangkaian KA Kamandaka tujuan Semarang-Purwokerto.

Baca selengkapnya di sini.


AP II layani 62 juta penumpang pesawat sepanjang 2022

PT Angkasa Pura II (Persero) melayani keberangkatan dan kedatangan sekitar 62 juta penumpang pesawat di 20 bandara yang dikelola perseroan sepanjang 2022.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan jumlah itu mengalami peningkatan 100 persen bila dibandingkan jumlah pergerakan penumpang tahun lalu yang hanya sebanyak 31 juta penumpang.

Baca selengkapnya di sini.
​​​​​

Calon penumpang padati Stasiun Pasar Senen

Calon penumpang terpantau menumpuk di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Minggu (1/1/2023), akibat arus balik tahun baru dan imbas banjir yang mengenangi jalur kereta dan Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah.

Ribuan calon penumpang memadati ruang tunggu Stasiun Pasar Senen sejak siang hingga sore.

Baca selengkapnya di sini.


118.883 kendaraan tinggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama

PT Jasamarga Transjawa Tol mencatat sebanyak 118.833 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur selama H-3 sampai H-1 Tahun Baru 2023 melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

AVP Marketing, Communication and Sustainability Management Jasamarga Transjawa Tol Sonny Saputra mengatakan ada kenaikan sebesar 26 persen dibandingkan lalu lintas normal sebanyak 94.300 kendaraan.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023