Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menetapkan sebanyak 60 gampong (desa) di Kota Banda Aceh menjadi desa mandiri dan 30 gampong lainnya menjadi desa maju.

“Alhamdulillah, pada 2022 terdapat 60 gampong yang menjadi desa mandiri dan 30 gampong lainnya menjadi desa maju di Banda Aceh,” kata Penjabat Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, di Banda Aceh, Senin.

Baca juga: Desa mandiri di Aceh meningkat jadi 224 desa

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan dan penganugerahan lencana desa mandiri di Indonesia dari Kemendes PDTT melalui Penjabat Wali Kota Banda Aceh.

Bakri mengatakan bahwa penyerahan piagam penghargaan ini berdasarkan keputusan Kemendes PDTT RI Nomor 105 Tahun 2022 tentang pemberian penghargaan desa dengan status mandiri 2022.

Berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014, desa mandiri adalah suatu proses yang dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat untuk melakukan suatu kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhannya dengan kemampuan sendiri.

Baca juga: Kemendes PDTT: Aceh Tengah masuk kategori Kabupaten Maju

Menurut data indeks, kata Bakri, desa mandiri berbasis SDGs adalah yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit.

"Kemudian, adanya pelayanan umum yang bagus, penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik, desa mandiri adalah desa yang memiliki nilai indeks pembangunan desa (IPD) lebih dari 75," ujar Bakri Siddiq.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Banda Aceh Muhammad Syaifuddin Ambia mengatakan bahwa keberhasilan Banda Aceh ini tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen bersama masyarakat.

Baca juga: Mendes PDTT minta desa pacu kinerja capai status desa mandiri

“Seperti komitmen Penjabat Wali Kota, Insya Allah tahun 2023 ini terus meningkat, seiring dengan kualitas pelayanan dan pembangunan yang kita lakukan bersama,” demikian Ambia.
 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023