Jakarta (ANTARA) - The Cesar Awards, Oscar versi Prancis, melarang orang yang diselidiki atas tuduhan pelecehan seksual untuk datang ke acara tersebut bulan dapan.

Ada kekhawatiran akan ada protes pada acara tanggal 25 Februari atas kehebohan #MeToo terbaru terkait pendatang baru Sofiane Bennacer, yang sedang diselidiki oleh polisi atas dua tuduhan pemerkosaan dan salah satu kekerasan terhadap pasangan.

Bennacer, 25, yang menyangkal tuduhan, membintangi "Les Amandiers" (berjudul "Forever Young" di luar negeri).

Dikutip dari AFP, keputusan ini mengikuti adanya protes pada upacara 2020 ketika Roman Polanski, bersalah karena memperkosa anak pada 1970-an, memenangi sutradara terbaik, yang memicu reorganisasi besar-besaran Cesar Academy.

Dalam pernyataan, Academy mengatakan siapa pun yang menghadapi ancaman hukuman penjara untuk kekerasan dan hal-hal berbau seksual takkan bisa bergabung dalam acara-acara mendatang.

Menurut Academy, mereka memutuskan tidak akan menyoroti orang-orang yang mungkin terlibat peradilan atas tindak kekerasan.

Academy menambahkan bahwa langkah tersebut diambil "untuk menghormati para korban", meskipun mereka masih "diduga" korban.

Pada November lalu, Bennacer dikeluarkan dari daftar calon nominasi setelah ada tuduhan yang mengemuka di dunia.

Sutradara "Les Amandiers", Valeria Bruni-Tedeschi (juga disebut sebagai kekasih Bennacer), mencela media yang sudah menganggap sang aktor bersalah meski belum ada bukti.

Dia mengakui di Instagram bahwa para produser film sudah tahu mengenai tuduhan terhadap Bennacer selama kasting, "tapi saya katakan kepada mereka rumor itu takkan menghalangi saya dan saya tak bisa membayangkan film ini dibuat tanpa dia."

Saudari sang sutradara, penyanyi dan mantan Ibu Negara Lady Carla Bruni, mengatakan apa yang dihadapi sang aktor merusak praduga tidak bersalah, "salah satu dasar demokrasi kita".

Cesar Academy mengatakan masih memperdebatkan apakah orang dengan tuduhan dan hukuman pelanggaran seksual harus dilarang sepenuhnya dari nominasi dan penghargaan di masa depan, di mana keputusan akan dibuat dalam beberapa minggu mendatang.

Baca juga: Dua wanita tuduh aktor James Franco lakukan eksploitasi seksual

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023