Korban bernama Win Htut (51), berkewarganegaraan Myanmar
Banda Aceh (ANTARA) - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh, Provinsi Aceh mengevakuasi anak buah kapal (ABK) warga negara asing karena sakit saat dalam pelayaran di perairan Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain di Banda Aceh, Rabu mengatakan korban bernama Win Htut (51), berkewarganegaraan Myanmar.

"Korban merupakan ABK SM Santos, kapal kargo berbendera Kepulauan Marshal. Korban dievakuasi karena demam disertai sakit di bagian perut," katanya.

Ibnu Harris mengatakan SM Santos berlayar dari Nicochea, Argentina menuju Singapura. Saat berlayar, korban mengalami demam disertai sakit perut. Kemudian, kapten kapal meminta evakuasi.

Atas permintaan tersebut, Basarnas Banda Aceh memberangkatkan tim evakuasi menggunakan kapal SAR KN Kresna 232 pada Selasa (3/1) malam sekitar pukul 21.35 WIB.

"Titik evakuasi berada di Selat Benggala, perairan antara Pulau Beras, Kabupaten Aceh Besar, dengan Pulau Weh, Kota Sabang atau 7,5 mil laut dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda," katanya.

Sekitar pukul 22.00, KN Kresna bersandar di lambung SM Santos untuk proses evakuasi. Sebelum dievakuasi ke kapal, warga negara Myanmar tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan dan dokumen keimigrasian.

"Setelah dinyatakan tidak bermasalah, yang bersangkutan dinaikkan kapal SAR untuk selanjutnya di bawa ke Pelabuhan Ulee Lheue," katanya.

Ia mengatakan proses evakuasi melibatkan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banda Aceh, Bea Cukai, imigrasi, kepolisian, petugas syahbandar serta instansi terkait lainnya.

"Setiba di Pelabuhan Ulee Lheue, korban dievakuasi ke rumah sakit di Banda Aceh menggunakan ambulans untuk penanganan medis lebih lanjut. Dengan dievakuasi warga negara Myanmar tersebut, maka operasi SAR ditutup," demikian Ibnu Harris Al Hussain.

Baca juga: KKP tangkap kapal dan empat nelayan Myanmar di Perairan Selat Malaka

Baca juga: Tim SAR evakuasi WN Filipina dari kapal kargo karena sakit parah

Baca juga: Basarnas evakuasi warga negara China alami kecelakaan kerja

Baca juga: SAR Aceh selamatkan 150 WN Myanmar

 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023