Jakarta (ANTARA) - Pangeran Harry menolak berjanji datang ke penobatan ayahnya, Raja Charles, berdasarkan cuplikan wawancara dengan ITV mendatang. Harry mengatakan tutup mulut soal masalahnya dengan keluarga kerajaan Inggris juga takkan membantu.

Putra bungsu Charles telah merekam dua wawancara yang akan tayang sebelum menerbitkan memoar "Spare" pekan depan di mana ia meluncurkan kritik kepada keluarga kerajaan dan para ajudan.

Saat ditanya apakah ia akan menghadiri penobatan jika diundang, Harry mengatakan: "Ada banyak hal yang terjadi dulu dan sekarang. Tapi, pintu selalu terbuka, sekarang bola ada pada mereka."

"Ada banyak yang harus didiskusikan dan saya harap mereka mau duduk bersama dan membicarakannya," kata Harry dalam wawancara, dikutip oleh Reuters.

Cuplikan video itu diunggah ITV di Twitter, Kamis (5/1) waktu setempat, beberapa jam setelah surat kabar Guardian menerbitkan secuplik isi buku di mana dia menuduh kakaknya William memukulnya hingga jatuh ke lantai saat berargumen.

"Saya tidak paham bagaimana bersikap diam bisa membuat hal lebih baik," kata Harry.

Saat ditanya tentang reaksi William tentang kritik dari Harry sejak mundur dari tugas kerajaan pada 2020, Harry menjawab: "Dia mungkin bicara macam-macam."

Wawancara tersebut akan tayang pada Minggu mendatang, dua hari sebelum buku otobiografi Harry diterbitkan.

Baca juga: Bocoran buku ungkap Pangeran Harry pernah diserang Pangeran William

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023