Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Rafi Sudirman membuka tahun 2023 dengan membawakan ulang lagu “Heaven” karya MALIQ & D’Essentials, yang rilis di tahun 2007.

”Ini merupakan salah satu karya yang sangat berkesan buat gue, mimpi yang terwujud karena untuk pertama kalinya gue berkolaborasi di lagu yang gue nyanyikan dengan Dipha Barus. Remake lagu MALIQ & D’Essentials dengan Dipha Barus merupakan elemen yang pas untuk style musik gue,” kata Rafi dalam keterangan tertulis, Jumat.

Baca juga: Curahan hati Rafi Sudirman di lagu "Collide"

“Heaven” versi Rafi dikemas dengan aransemen musik yang lebih segar dan upbeat dengan menggandeng Dipha Barus sebagai music producer dan arranger. Di lagu ini personel MALIQ & D’Essentials juga tetap dilibatkan.

Selain berkolaborasi dengan Dipha Barus, warna baru yang diberikan Rafi di lagu “Heaven” adalah dengan menghadirkan paduan suara dari Insideout. Rafi juga memainkan alat musik saxophone yang semakin menambah nuansa baru di lagu tersebut.

“Rekaman hanya butuh waktu satu hari, karena selama ini proses workshop secara online. Kebetulan Dipha Barus juga saat itu sedang berada di Bali, dan gue sendiri di Jakarta. Gue belajar hal-hal baru mengenai produksi musik dan musiknya itu sendiri dengan Dipha Barus. Dibantu juga tentunya dengan mas Bowo untuk vocal directing,” kata Rafi.

Lagu berdurasi 3:44 menit ini ditulis Widi Puradiredja, Angga Puradiredja. Rafi berharap “Heaven” versinya bisa diterima oleh pendengar musik di Indonesia. Ia juga berharap dengan support banyak orang musik Indonesia akan semakin maju dan bisa bersaing dengan musik internasional.

Lagu ini, kata Rafi lagi, “cocok jadi lagu liburan, lagu peneman di mobil, di motor, di bis dan dimanapun. Lagu ini adalah lagu ceria, lagu dansa dan lagu senang-senang.”

“Heaven” menjadi lagu keempat yang masuk ke dalam proyek terbaru antara Warner Music Indonesia dan MALIQ & D’Essentials.

Lagu-lagu lainnya yang sudah dirilis yaitu “Untitled" dibawakan oleh Rahmania Astrini, “Dia” dibawakan oleh Eclat dan “Terdiam” oleh Chintya Gabriella.

“Heaven” sudah dapat dinikmati di seluruh layanan musik digital.

Baca juga: Rafi Sudirman buat jurnal cinta berbalut musik bertajuk EP "Endlessly"

Baca juga: Curahan hati Rafi Sudirman tertuang dalam "All That I Need"

Baca juga: Rafi Sudirman rilis single keduanya "Don't Call My Name"


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023