Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Penyerang tim nasional Vietnam Nguyen Tien Linh menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya akan menunjukkan "semangat Vietnam" kepada Indonesia saat kedua tim bertemu di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1), di Hanoi.

"Kami akan menunjukkan 'semangat Vietnam'. Besok laga penting bagi saya dan tim, apalagi kami tampil di hadapan suporter," ujar Tien Linh dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Kantor VFF, Hanoi, Minggu.

Pesepak bola berusia 25 tahun itu memastikan skuadnya siap meladeni perlawanan Indonesia yang diyakininya tidak mudah.

Timnas Vietnam, Tien Linh melanjutkan, akan menunjukkan performa maksimal. Mereka tidak ingin mengecewakan para pendukungnya yang hadir di stadion.

Baca juga: Park Hang-seo: Tunjukkan perkembangan sepak bola Indonesia di lapangan

Hasil imbang tanpa gol di leg pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1), sedikit merugikan Vietnam, karena Indonesia hanya membutuhkan hasil seri dengan gol tandang untuk lolos ke final,

Namun, Tien Linh memastikan kondisi itu tidak akan memengaruhi mentalitas tim.

"Kami sudah menuntaskan pertandingan tandang sebelumnya dan kini kami bermain di rumah sendiri. Saat ini kami tinggal persiapan akhir dan 100 persen fokus untuk pertandingan itu," tutur pemain yang dua kali membawa Vietnam meraih medali emas SEA Games itu.

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 Vietnam kontra Indonesia digelar mulai pukul 19.30 WIB.

Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia dan Vietnam sudah saling bertemu sebanyak 26 kali sejak tahun 1991. Selama itu, Indonesia menang delapan kali, kalah tujuh kali dan sisa laga lain tuntas dengan hasil imbang.

Setidak-tidaknya dalam enam tahun terakhir, Indonesia selalu kesulitan saat menghadapi Vietnam. Sejak 7 Desember 2016, Indonesia dua kali imbang dan dua kali takluk saat bersua Vietnam.

Selain itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong pun belum pernah menang atas Vietnam asuhan rekan senegaranya, Park Hang-seo.

Baca juga: Dendy janji Indonesia lebih baik di leg kedua semifinal Piala AFF

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023