sifatnya masih sementara
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan (Sudin Bina Marga Jaksel) melakukan pekerjaan perbaikan jalan di Stasiun MRT Lebak Bulus, tepatnya di Jalan R.A Kartini samping Transmart Lebak Bulus, Kelurahan Pondok Pinang yang mengalami kerusakan.

Kepala Sudin Bina Marga Jaksel Heru Suwondo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan perbaikan dilakukan dengan cara menambal bagian jalan yang berlubang menggunakan aspal berlangsung sejak Selasa (10/1).

"Kita lakukan penambalan aspal di jalan yang rusak namun sifatnya masih sementara," ucap Heru.

Heru menjelaskan badan jalan di lokasi tersebut kerap rusak karena tidak memiliki saluran, maka dari itu pihaknya membuat saluran kecil terlebih dahulu supaya air tidak menggenang dan bisa langsung masuk ke dalam lubang selokan (manhole).

"Kita buatkan juga talang air di tepi jalan untuk mengarahkan air masuk ke saluran yang kita buat dan dirapikan lagi permukaan jalannya dengan lapisan aspal panas atau hotmix," tutupnya.

Sebelumnya, Pemkot Jakarta Selatan memperbaiki ribuan titik jalan rusak seperti berlubang, bergelombang hingga retak selama Januari hingga Desember 2022.

"Kami telah menangani sebanyak 9.925 titik jalan selama tahun 2022," kata Heru di Jakarta, Selasa.

Heru menyebutkan perbaikan jalan berada di sepuluh kecamatan wilayah ini memiliki total luas 51.460 meter persegi (m2).

Perbaikan jalan tersebut meliputi menutup lubang dengan campuran aspal dingin (coldmix) dan campuran aspal panas (hotmix).

Menurut Heru, ada beragam faktor penyebab kerusakan jalan seperti adanya perubahan suhu, cuaca, temperatur udara, material konstruksi perkerasan, serta kondisi tanah dasar yang tidak stabil.

Selain itu proses pemadatan di atas lapisan tanah dasar yang kurang baik serta muatan kendaraan berlebih (kelebihan tonase) dari yang diperkenankan.

Karena itu, kata dia, perlu adanya perbaikan kerusakan jalan untuk menjaga keamanan bagi pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor karena dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.
Baca juga: Pemkot Jaksel perbaiki ribuan titik jalan rusak selama 2022
Baca juga: Bina Marga Jaksel percantik trotoar
Baca juga: Pemkot Jaksel wujudkan sarana jaringan utilitas terpadu menyasar kabel

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023