Jakarta (ANTARA) - Brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruangan EIGER Adventure dan platfrom belanja daring Lazada Indonesia memperkuat komitmen kerja sama dalam inisiatif keberlanjutan (sustainability) dengan menghadirkan pengalaman berbelanja yang ramah lingkungan.

Melalui kerja sama tersebut, EIGER dan Lazada memperkenalkan kardus bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) dan lebih ramah lingkungan, serta EIGER Green Project dengan gerakan upcycling yang akan dijual eksklusif di Lazada.

GM Product & Sustainability Project Leader EIGER Adventure Harimula Muharam mengatakan, pesatnya peningkatan bisnis digital EIGER khususnya melalui Lazada membuat pihaknya menyadari bahwa ada dampak yang dihasilkan terutama sampah plastik dari pengiriman barang kepada konsumen.

"Hal ini tentu menjadi tanggung jawab kami untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang berkelanjutan kepada seluruh konsumen," ujar Harimula melalui keterangan resminya, Kamis.

Baca juga: EIGER hadirkan koleksi terbarunya "Explore Your Existence"

Sementara itu, SVP Logistics Lazada Indonesia Adiputra Wiharja mengatakan, Lazada dan EIGER memiliki kesamaan semangat dalam upaya keberlanjutan untuk kelestarian alam. Untuk itulah, pihaknya menyambut baik kerjasama lanjutan dengan EIGER untuk mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan.

"Kami berharap inisiatif yang dijalankan bersama EIGER ini bisa memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih ‘hijau’ bagi para pelanggan Lazada dan mendorong brand lainnya di Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan,” katanya.

EIGER dan Lazada berkomitmen untuk memulai rantai pasokan yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan material kardus pengiriman bersertifikasi FSC dan mengganti bubble wrap berbahan plastik menjadi honeycomb paper wrap dari hasil daur ulang limbah kardus.

Dalam kemasan kardus tersebut, akan ada QR Code yang bisa dipindai dan mengarahkan pelanggan ke laporan keberlanjutan EIGER dan Lazada untuk memahami lebih lanjut inisiatif keberlanjutan dari kedua perusahaan.

Tak hanya itu, EIGER juga memperkenalkan EIGER Green Project melalui rangkaian produk Upcycling Collection vol.1, sebuah gerakan koleksi produk daur ulang yang dirancang untuk memberikan warna baru pada industri mode sekaligus berkontribusi pada lingkungan hidup.

Produk upcycling dari EIGER diciptakan dari pemanfaatan produk yang tidak memenuhi standar kualitas atau tidak layak jual dengan tujuan untuk mengurangi limbah mode.

“Melalui proses upcycling, kami memberikan kesempatan kedua kepada produk-produk yang awalnya tidak layak jual, lalu kami desain dan olah kembali menjadi produk baru dengan memberikan nilai tambah kepada produk tersebut, sehingga dapat diterima konsumen,” ujar Harimula.

Ia menambahkan, ke depannya konsumen dapat menjadi bagian dari gerakan tersebut dengan mengirimkan barang-barang mereka yang sudah tidak digunakan, untuk kemudian disortir oleh pihak EIGER dan diubah menjadi barang trendi baru.

Pada EIGER Upcycling Collection vol.1, terdapat setidaknya 35 produk yang dihasilkan dari ratusan produk tidak layak jual. Rangkaian produk upcycling akan dijual secara terbatas mengikuti ketersediaan bahan baku, eksklusif hanya di EIGER Adventure Official Store di platform Lazada.

Baca juga: EIGER gandeng Plasticpay hadirkan mesin pengumpul plastik

Baca juga: Kemenparekraf turunkan tim untuk bantu korban gempa Cianjur

Baca juga: Pameran "outdoor" INDOFEST 2022 ajang kenalkan produk Indonesia

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023