Makassar (ANTARA) - Unismuh Makassar dan School of Government (SoG), College of Law, Government & International Studies (COLGIS) Universiti Utara Malaysia (UUM) sepakat berkolaborasi dalam pengembangan pendidikan.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja sama FISIP Unismuh Andi Luhur Prianto mengatakan pihaknya sepakat untuk melakukan berbagai kolaborasi kegiatan akademik seperti pertukaran mahasiswa dan transfer kredit pembelajaran, kolaborasi riset dan pengabdian serta kerjasama akademik lainnya.

"Dalam waktu dekat ini, delegasi mahasiswa UUM akan hadir di Makassar. Kami telah merancang kegiatan visiting lecture, workshop penulisan artikel jurnal, serta aktivitas pengabdian masyarakat di Sulsel," kata Luhur dalam keterangan resminya di Makassar, Kamis.

Sementara pada Semester ke depan, kata dia, giliran dosen dan mahasiswa Unismuh Makassar yang akan mengikuti kegiatan sit-in pembelajaran, riset dan aktivis community services bagi para pekerja migran dan diaspora Indonesia di wilayah Kedah Darul Aman, Malaysia.

Baca juga: Unismuh-Singapore Polytechnic lanjutkan kerja sama inovasi sosial

Baca juga: Tingkatkan kapasitas dosen, Unismuh Makassar gandeng British Council


"Semua aktivitas itu akan menghasilkan publikasi bersama pada jurnal internasional bereputasi," ujarnya.

Sementara Dekan FISIP Unismuh Dr Ihyani Malik, menambahkan pihaknya saat ini terus memperkuat aktivitas internasionaliasi pembelajaran, riset, dan pengabdian.

"Kami berterima kasih atas dukungan pimpinan Universitas dan LP3M yang memudahkan ikhtiar kami ini. Semoga bisa berkontribusi bagi peningkatan reputasi institusi," jelasnya.

Rombongan FISIP Unismuh Makassar mengunjungi UUM untuk pembicaraan teknis kolaborasi riset dan pengabdian di Sintok, Kedah, Malaysia Utara, 9-11 Januari 2023.

Delegasi FISIP Unismuh diterima oleh Dr Halimah Binti Abd. Manaf (Dean of the School of Government COLGIS UUM), Dr Nor Azizah Zainal Abidin (Deputy Dean for Academic & International Affairs SoG COLGIS UUM), Dr. Sharifuzah Osman (Ketua Program Studi Sarjana Public Management), Dr Siti Syuhadah Mohamad (Ketua Program Pascasarjana Public Management).

Baca juga: ICW-Unismuh Makassar jajaki kerja sama pendidikan antikorupsi
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023