tetap harus dipersiapkan lebih baik lagi
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono memastikan fasilitas dan layanan terbaik untuk pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Kami ingin menampilkan yang terbaik. Menyusul suksesnya KTT G20 di Bali pada tahun 2022," kata Heru ketika meninjau JCC di Jakarta, Kamis.

Dalam peninjauan itu, Heru menilai gedung JCC meski sudah siap untuk dijadikan tempat pertemuan KTT ASEAN 2023, namun tetap harus dipersiapkan lebih baik lagi.

Apalagi, lanjut dia, JCC sudah terbiasa menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan skala nasional maupun internasional.

"Kami akan persiapkan lebih baik lagi untuk tempat yang akan digunakan dalam penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 karena, sukses Jakarta untuk Indonesia," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Heru bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meninjau sejumlah ruangan di JCC
seperti balai pertemuan, ruang sidang, ruang Cendrawasih, ruang pameran,  bahkan kawasan parkir.

Indonesia mendapatkan mandat memegang Ketua ASEAN 2023 setelah serah terima dari Kamboja pada 13 November 2022.

Indonesia mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang sekaligus juga menggemakan keberhasilan Presidensi G20 pada 2022 yang diadakan di Nusa Dua, Bali.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan ASEAN Matters terdiri dari tiga elemen penting yakni penguatan terhadap kapasitas dan efektivitas ASEAN, persatuan serta sentralitas ASEAN.

Sementara itu, epicentrum of growth terkait dengan peran ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan dan dunia serta terdiri dari empat elemen penting yakni arsitektur kesehatan, ketahanan energi, ketahanan pangan, dan stabilitas keuangan.

Secara rinci, Indonesia mengangkat tiga isu prioritas bidang ekonomi yaitu recovery and rebuilding, digital economy, dan sustainability yang implementasinya diterjemahkan ke dalam 16 (enam belas) prioritas ekonomi selama tahun 2023.

KTT ASEAN 2023 rencananya akan dirangkaikan dengan sejumlah pertemuan yang tak hanya diadakan di Jakarta sebagai pertemuan puncak tapi juga di sejumlah daerah di antaranya Bali dan Labuan Bajo.
Baca juga: Pemprov NTT siap jadi tuan rumah ASEAN Summit 2023
Baca juga: RI dinilai berpeluang pimpin ASEAN jadi poros ekonomi global
Baca juga: Mendag: Logo Keketuaan RI di ASEAN 2023 episentrum pertumbuhan dunia

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023