Perjanjian kerja sama dengan PT Timah Tbk ini memuat tentang kajian bersama bidang industri pertambangan timah dan mineral ikutan
Pangkalpinang (ANTARA) - Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) bersama PT Timah Tbk menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dalam memperkuat ketahanan negara.

"Perjanjian kerja sama dengan PT Timah Tbk ini memuat tentang kajian bersama bidang industri pertambangan timah dan mineral ikutan dari sisi nilai strategis dalam ketahanan negara," kata Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto dalam keterangan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan selain melaksanakan penandatangan nota kesepahaman dengan PT Timah Tbk, Lemhanas RI juga menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan 21 institusi lainnya, sehingga bisa memperkuat wawasan kebangsaan.

Baca juga: Wapres serahkan dua Penghargaan Proper Emas ke PT Timah

"Kami menyadari bahwa kami harus berkolaborasi merangkul banyak pihak, karena itu acara kerja sama baik MoU maupun PKS-nya sengaja berkali-kali kami lakukan,” katanya.

Menurutnya, kerja sama antar semua institusi perlu dikuatkan. Tidak hanya membuat jejaring, tetapi juga membuat jejaring itu bekerja.

“Setelah ini yang harus kita kuatkan adalah network-nya, kalau dalam bahasa inggris diterjemahkan itu bagus, jejaring yang bekerja, net and work. Tidak hanya sekedar menggambar jejaringnya tapi bagaimana membuat jejaring itu bekerja,” ucapnya.

Menurut dia sinergisitas antara Lemhannas RI dengan 21 institusi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu upaya bersama dalam memperkuat wawasan kebangsaan.

"Hal tersebut merupakan prasyarat mutlak dalam membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, berdaya saing tinggi serta memiliki karakter kebangsaan yang mampu memperkuat kebangsaan Indonesia dan mewujudkan Indonesia maju di 30 tahun ke depan," katanya.  

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN apresiasi Pemali Boarding School PT Timah

Pewarta: Aprionis
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023