Jakarta (ANTARA) - Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengevakuasi seekor ular sanca sepanjang 3,5 meter di kandang ayam milik salah satu warga Jalan Pangkalan, Gang Beringin V RT 011/RW 004, Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur.

Info akun Instagram Gulkarmat DKI Jakarta, @humasjakfire, di Jakarta, Selasa menyebutkan, ular tersebut telah memangsa ayam milik warga sehingga menimbulkan keresahan dan mereka minta bantuan untuk evakuasi.

Posisi ular yang berada di bawah kandang ayam dikhawatirkan kabur ke sungai, sehingga warga dibantu dengan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) berusaha menangkap ular tersebut.

Penemuan ular itu juga dilaporkan kepada petugas penyelamat Gulkarmat Sektor Cipayung untuk melakukan evakuasi dan karenanya sebanyak satu unit dengan tiga personel dikerahkan menuju lokasi.

Sesaat tiba di lokasi, ular berhasil diamankan oleh warga dan petugas PPSU lalu ularnya diserahkan kepada petugas penyelamat Gulkarmat sektor Cipayung. 

Ular lain
Sementara itu, di Kelurahan Bambu Apus, Jakarta Timur, juga ditemukan ular sanca lain sepanjang 3,5 meter.

Salah satu warga Gang Lipan, 001/002, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, melihat ular berada di bawah genteng rumahnya saat hendak pergi ke mushola untuk melaksanakan shalat Subuh.

Kemudian, melaporkannya kepada petugas Gulkarmat Sektor Cipayung untuk meminta bantuan evakuasi.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi ular sanca dua meter di toilet
Baca juga: Gulkarmat Jakarta Selatan evakuasi ular sanca dari motor warga

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023