Adapun penguatan infrastruktur digital itu di antaranya program Jakwifi atau jaringan internet gratis di Jakarta, Jakarta Smart City, sistem pengendalian banjir, dan transformasi digital
Jakarta (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfotik) DKI memfokuskan anggaran 2023 untuk pembangunan infrastruktur digital dengan total pagu  Rp716 miliar.

“Mata anggaran spesifiknya salah satunya terkait dengan penguatan infrastruktur,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfotik DKI Yudhistira Nugraha setelah rapat kerja dengan Komisi A DPRD DKI Jakarta, Selasa.

Adapun penguatan infrastruktur digital itu di antaranya program Jakwifi atau jaringan internet gratis di Jakarta, Jakarta Smart City, sistem pengendalian banjir, dan transformasi digital.

“Fokusnya tetap sesuai dengan rencana pembangunan daerah yang sudah ditetapkan dan juga untuk mendukung programnya Penjabat Gubernur DKI,” katanya.

Berdasarkan data Diskominfotik DKI, total pagu anggaran 2023 sebesar Rp716 miliar atau lebih rendah dibandingkan anggaran pergeseran 2022 sebesar Rp765,1 miliar.

Adapun dari pergeseran anggaran 2022 mencapai Rp765,1 miliar itu, total penyerapan anggaran pada 2022 mencapai Rp671,7 miliar atau 87,79 persen.

Sementara itu, alokasi paling besar untuk pagu anggaran pada 2023 di antaranya untuk kegiatan di unit pengelola Jakarta Smart City mencapai Rp201,7 miliar.

Pagu anggaran di Jakarta Smart City yang paling besar adalah terkait pengembangan infrastruktur mencapai Rp103,7 miliar dan pengembangan sistem Rp76,9 miliar.

Selanjutnya, sub kegiatan lain dengan pagu anggaran besar di antaranya penyediaan jaringan intranet dan internet sebesar Rp170,6 miliar, penataan pengembangan dan pengelolaan pusat pemulihan bencana (disaster recovery center) Rp15,7 miliar dan kamera pengawas atau CCTV mencapai Rp48,9 miliar.

Ada juga pengadaan dan pengelolaan infrastruktur teknologi informasi sebesar Rp27,6 miliar, dan pemeliharaan infrastruktur teknologi informasi Rp12,3 miliar.

Pagu anggaran terbesar lainnya pada 2023 yakni untuk penyediaan gaji dan tunjangan PNS mencapai Rp103,1 miliar.
Baca juga: DKI Jakarta harapkan kolaborasi IA ITB bangun "smart city"
Baca juga: Rahasia "Jakarta Smart City" meraih yang terbaik di Asia Pasifik
Baca juga: "Jakarta Smart City" terbaik di Asia Pasifik


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023