Pengakuan KLHK kepada kinerja lindung lingkungan PHI mendorong kami untuk terus menjalankan operasi migas berwawasan lingkungan melebihi kepatuhan
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) meraih penghargaan Proper pada 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan predikat empat emas dan lima hijau untuk lapangan migasnya di Kalimantan, sebagai pengakuan atas kinerja lindung lingkungan dan pengembangan masyarakat atau CSR yang inovatif.

"Pengakuan KLHK kepada kinerja lindung lingkungan PHI mendorong kami untuk terus menjalankan operasi migas berwawasan lingkungan melebihi kepatuhan. Alhamdulillah, kami dapat mewujudkan komitmen kami untuk menjalankan operasi migas yang selamat, andal, patuh, dan ramah lingkungan sejalan dengan strategi Pertamina untuk transisi energi dan zero emission," ujar Manager Communication Relations & CID Regional Kalimantan PHI Dony Indrawan di Jakarta, Selasa.

Proper atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup yang digelar setiap tahun oleh KLHK menjadi komplemen yang bersinergi
dengan berbagai instrumen penataan lingkungan konvensional yang ada.
Proper emas merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian dengan penekanan kepada penilaian program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.

Keempat rating Proper emas PHI diperoleh melalui PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dengan program Water Supply Sistem (WSS) Saliki, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) melalui program "Gerbang Insan Mapan" (Gerakan Pembangunan Integrasi Perikanan dan Pertanian Menuju Kemandirian Pangan), jelas Dony.

Kemudian, Proper Emas diperoleh melalui PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field dengan program Kubedistik (Kelompok Usaha Bersama Disabilitas Batik) dan PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field melalui program Kantong Kentungan Peternakan Ayam Broiler yang dikenal sebagai "Program Kentungan Pak Abo".

Sementara, lima predikat Proper Hijau diterima oleh PHKT Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU), PEP Sangasanga, PEP Sangatta, PEP Sangatta Semberah, dan PEP Tanjung.

"Proper tahun 2022 ini memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk terus menjalankan program-program pengembangan masyarakat atau corporate social responsibility (CSR) yang mendukung pencapaian tujuan-tujuan pengembangan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), dengan menjalankan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan sehingga mampu menciptakan manfaat dan nilai yang dinikmati bersama (creating shared value)," tambah Dony.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran media dalam menyampaikan informasi mengenai program lindung lingkungan dan CSR perusahaan kepada para pemangku kepentingan.

PHI merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (environment, social, and governance) di Regional 3 Kalimantan.

Baca juga: Pertamina raih 23 penghargaan Proper Emas berkat implementasi ESG
Baca juga: Subholding Upstream Pertamina raih penghargaan 9 Proper Emas
Baca juga: PHI usung program tani terpadu ekonomi sirkular untuk Proper 2021

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023