Asia adalah tempat faktor pertumbuhan, Anda tahu, tidak hanya China, (tetapi juga) India, Indonesia, ini semua adalah ekonomi yang berkembang dan sangat kuat
Davos, Swiss (ANTARA) - Pembukaan kembali China dari pembatasan pandemi dapat mendorong pertumbuhan global melampaui ekspektasi dan membantu menghindari resesi yang lebih luas bahkan ketika beberapa ekonomi terbesar dunia berjuang untuk mengatasi penurunan ekonomi, kata pejabat tinggi keuangan di Forum Ekonomi Dunia (WEF).

China telah mencabut banyak pembatasan yang paling melemahkan setelah tiba-tiba menghapus kebijakan "nol COVID" yang ketat, sehingga memicu harapan bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia itu dapat menghidupkan kembali pertumbuhan global bahkan ketika Amerika Serikat, zona euro, dan Inggris berada di ambang resesi di kuartal mendatang.

"Pembukaan kembali China harus menjadi peristiwa besar dan itu akan menjadi pendorong utama pertumbuhan," kata Laura M Cha, Ketua Bursa dan Kliring Hong Kong pada forum di Davos.

"Asia adalah tempat faktor pertumbuhan, Anda tahu, tidak hanya China, (tetapi juga) India, Indonesia, ini semua adalah ekonomi yang berkembang dan sangat kuat."

Komentarnya digaungkan oleh orang lain yang melihat China sebagai kunci pemulihan global.

"Ada tabungan yang terpendam, ada permintaan yang terpendam, jadi kami pikir China akan melihat pertumbuhan yang sangat kuat, terutama seperti yang Anda dapatkan di akhir tahun," ujar Douglas L. Peterson, Presiden dan CEO S&P Global menceritakan sebuah diskusi panel.

Peterson mengatakan dia masih memperkirakan resesi "sangat ringan" di Amerika Serikat, Eropa dan Inggris, tetapi pertumbuhan bersih setahun penuh masih akan positif.

"Pasar tenaga kerja yang kuat tidak konsisten dengan apa yang kita lihat dengan resesi dan pasar tenaga kerja kuat hampir di seluruh dunia," tambahnya.

Ketua Credit Suisse Axel Lehmann mengatakan dia bahkan berharap Amerika Serikat dapat menghindari resesi, tetapi dia juga bertaruh pada China.

"Perkiraan pertumbuhan sekarang untuk China adalah 4,5 persen. Saya pribadi tidak akan terkejut ketika itu akan mencapai puncaknya," katanya.

Pertumbuhan ekonomi China pada tahun 2022 merosot menjadi 3,0 persen, salah satu level terburuknya dalam hampir setengah abad, karena kuartal keempat terpukul keras oleh pembatasan COVID yang ketat dan kemerosotan pasar properti.

Memicu sedikit optimisme tentang 20 negara zona euro, salah satu ekonomi terlemah tahun ini karena ketergantungannya yang berlebihan pada gas Rusia, pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Centeno mengatakan resesi bukanlah kepastian.

"Saya juga berpikir bahwa ekonomi telah mengejutkan kami dari kuartal ke kuartal; kuartal keempat di Eropa kemungkinan besar akan tetap positif," kata Centeno. "Mungkin kita akan terkejut juga di paruh pertama tahun ini."


Baca juga: Kanselir Jerman sebut negaranya tidak akan jatuh ke dalam resesi
Baca juga: Survei WEF: Resesi ekonomi global sangat mungkin terjadi pada 2023
Baca juga: Jokowi: Sebanyak 47 negara sudah jadi pasien IMF

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023