salah satu program prioritas Komnas-HAM Perwakilan Sulteng tahun 2023 adalah menggencarkan pendidikan/pelatihan penegakan HAM.
Palu (ANTARA) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) Perwakilan Sulawesi Tengah dan Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulawesi Tengah bersinergi untuk menggencarkan sosialisasi dan pendidikan hak asasi manusia sebagai bentuk upaya meminimalisasi pelanggaran HAM.

"Iya, hal ini juga sebagai upaya untuk percepatan pembangunan dan penegakan hak asasi manusia," ucap Ketua Komnas-HAM Perwakilan Sulteng Dedi Askary saat bersilaturahim dengan pimpinan dan karyawan Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng di Palu, Rabu.
 
Dikatakan, salah satu program prioritas Komnas-HAM Perwakilan Sulteng tahun 2023 adalah menggencarkan pendidikan/pelatihan penegakan HAM.

Dikatakan, bahwa Komnas-HAM Sulteng telah membangun kerja sama dengan Pemprov Sulteng dan beberapa lembaga vertikal pemerintah yang ada di Sulteng terkait dengan penegakan HAM.

Termasuk sebut dia, Komnas-HAM juga bekerja sama dengan Kanwil Kemenkum-HAM Provinsi Sulteng untuk memaksimalkan implementasi penegakan HAM.

"Lewat kerja sama ini, kami melakukan pelatihan bersama yang melibatkan aparatur sipil negara, para sipir dan petugas di lembaga pemasyarakatan maupun di rumah tahanan," sebutnya.

"Kami juga bekerja sama dengan penegak hukum untuk penegakan hak asasi manusia, yang dalam strateginya tentu diikutkan dengan pelatihan/pendidikan HAM," sebutnya.

Dedi juga menyampaikan bahwa, Komnas-HAM Sulteng di tahun ini fokus terhadap pemantauan dugaan pelanggaran HAM, dalam pengelolaan potensi sumber daya alam.

"Iya, dugaan pelanggaran HAM pada sektor - sektor unggulan meliputi pertanian, perkebunan, pertambangan, kelautan dan perikanan, menjadi fokus pemantauan, investigasi dan penyelidikan dugaan pelanggaran HAM," ujarnya.

Pengelolaan dan pengembangan potensi sektor - sektor tersebut, yang diikutkan dengan dibukanya peluang investasi, kata dia, cenderung diikutkan dengan terjadinya kasus dugaan pelanggaran HAM.

"Terkadang pada sektor ini terjadi perampasan hak - hak dasar masyarakat, hak - hak masyarakat atas tanah dan penghidupan," ungkapnya.

Terkait hal itu Kepala LKBN ANTARA Biro Sulteng Andilala mengatakan bahwa ANTARA sebagai kantor berita milik negara, akan membantu menyosialisasikan pendidikan HAM yang dilaksanakan oleh Komnas-HAM Sulteng.
Baca juga: Komnas HAM perkuat pemajuan HAM di lembaga pendidikan tinggi
Baca juga: Pendidikan HAM perlu masuk kurikulum
Baca juga: Kementerian HAM cemaskan aksi kekerasan dunia pendidikan
Ketua Komnas-HAM Perwakilan Sulteng Dedi Askary saat berkunjung ke Biro LKBN ANTARA Biro Sulteng di Palu, Rabu (18/1/2023). ANTARA/Andry

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023