Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode masa bhakti 2022-2027 di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Kamis.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Kepri dalam membantu kerja-kerja PMI di daerah tersebut.

"Kami berharap dengan kepengurusan PMI Kepri yang baru ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Mantan Wakil Presiden RI  itu juga berharap ke depannya PMI Kepri terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, serta bekerjasama dengan pemerintah guna mendukung kerja kemanusiaan.

Menurutnya PMI Kepri harus bekerja sesuai tujuh prinsip pokok, yaitu Kemanusiaan, Kebersamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.

Ia turut meminta PMI Kepri lebih bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dan pihak lainnya dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat serta dalam rangka menjalankan mandat dan fungsi PMI di bidang kemanusiaan.

"Saya mengingatkan kepada Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kepri yang baru harus siap melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberikan bantuan kepada para korban bencana maupun lainnya dalam menyangkut kemanusiaan," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang hadir dalam acara pelantikan itu mengharapkan program-program PMI Kepri dapat diselaraskan dengan visi dan misi Pemprov Kepri.

Ia menyakini kepengurusan PMI Kepri yang baru dilantik itu akan semakin solid dan kuat. Apalagi dewan kehormatan dan pengurus yang baru sudah berpengalaman dan sudah saling mengenal satu sama lainnya.

Dengan komposisi pengurus yang baru, lanjut Ansar, juga akan memudahkan kolaborasi antara PMI dan Pemprov Kepri, sehingga program-program kemanusiaan yang sudah berjalan juga akan semakin baik.

“Mudah-mudahan ini jadi tim solid, yang sementara ini mereka pernah atau sudah sering melakukan aksi kemanusiaan saya harapkan semakin kuat. Kalau soal pengalaman tak diragukan lagi, tinggal jalan saja,” ucap Ansar.

Senada, Ketua Pengurus PMI Kepri Isdianto memastikan PMI akan terus menguatkan barisan dan terus bersinergi dengan Pemprov Kepri dalam bergerak dan mendedikasikan untuk kemanusiaan.

"Juga bukan hanya menanggulangi donor darah saja, tetapi kebencanaan juga kita harus siap," kata mantan Gubernur Kepri itu.

Adapun pengurus yang dilantik oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, yaitu Ketua Dewan Kehormatan PMI Kepri Endy Maulidi, Sekretaris Fadholi Farhan, beserta anggota Dewan Kehormatan yaitu H. Handarlin Umar, Sarafuddin Aluan, Boby Jayanto, Rocky Marciano Bawole dan Atmadinata.

Sementara Kepengurusan PMI Kepri diketuai oleh Isdianto, Wakil Ketua H. Nazaruddin dan sebagai Pelindung di PMI Kepri Gubernur Kepri aktif Ansar Ahmad.

Baca juga: Jusuf Kalla lantik Sekda Nuryakin sebagai Ketua PMI Kalteng
Baca juga: Jusuf Kalla ingatkan prinsip enam jam PMI sudah di lokasi bencana
 

Pewarta: Ogen
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023