Program magister dan doktor merupakan reputasi bagi sebuah universitas sehingga ini terus kami tingkatkan
Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggandeng Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Selatan untuk menuju perguruan tinggi 20 terbaik nasional melalui dukungan publikasi pemberitaan yang positif dari kantor berita nasional tersebut.

"Saya percaya ANTARA punya kapasitas untuk bisa membantu ULM terus bergerak maju menjadi universitas terkemuka di Indonesia yang kini berada di posisi 44," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Ditegaskan dia, tidak ada institusi yang besar tanpa media untuk itulah pentingnya ULM menggandeng ANTARA dan beberapa media lokal lainnya dalam mengawal setiap langkah civitas akademika agar diketahui publik.

Baca juga: UI perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi webometrics

Menurut Alim, media juga bisa berfungsi sebagai kontrol sosial dengan pemberitaan bersifat kritik membangun yang diperlukan perguruan tinggi agar dapat memperbaiki setiap kelemahan.

Terkait targetnya ULM bisa menyodok ke-20 besar nasional dalam beberapa tahun ke depan, sang rektor mengaku optimis berbekal sumber daya yang dimiliki.

Tercatat kini perguruan tinggi negeri (PTN) tertua dan terbesar di pulau Kalimantan itu memiliki 1.400 dosen dan 462 orang di antaranya bergelar doktor (S3) serta 72 guru besar.

Dia mendorong minimal 30 persen dari dosen bergelar doktor itu bisa meraih jabatan fungsional profesor secepatnya.

Baca juga: UB perguruan tinggi terbaik pertama versi Webometrics

Kemudian ada tujuh program studi doktor telah dimiliki yaitu S3 Ilmu Pertanian, S3 Studi Pembangunan, S3 Ilmu Lingkungan, S3 Hukum, S3 Ilmu Kedokteran, S3 Ilmu Manajemen dan S3 Administrasi Pendidikan.

Pascasarjana ULM juga telah mengajukan pembukaan S3 Sastra Indonesia dan S3 Pendidikan IPS serta menyusul berikutnya S3 Kehutanan dan S3 Ilmu Kimia.

"Program magister dan doktor merupakan reputasi bagi sebuah universitas sehingga ini terus kami tingkatkan," jelas Alim saat penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) dengan ANTARA.

Baca juga: Unila masuk 9 perguruan tinggi terbaik Indonesia versi Webometrics

Diketahui pula saat ini ULM yang terakreditasi A sedang proses transformasi lagi dari perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

ULM menjadi salah satu dari 23 perguruan tinggi didorong menjadi PTN-BH oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun ini.

PTN-BH adalah level tertinggi karena memiliki otonomi penuh dalam mengelola keuangan dan sumber daya, termasuk dosen dan tenaga kependidikan.
Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri menyerahkan cinderamata kepada Plt Kepala Biro ANTARA Kalimantan Selatan Taufik Ridwan. (ANTARA/Firman)



Sementara Plt Kepala Biro ANTARA Kalimantan Selatan Taufik Ridwan mengaku siap memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan ULM sebagai PTN kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan.

"Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan sukses ULM dalam beberapa tahun terakhir yang terus maju dan semakin tumbur besar baik sumber daya manusianya, sarana prasarana hingga mencetak banyak sekali lulusan terbaik yang berkiprah di segala sektor," ucap Opik, sapaan akrabnya.

Pewarta: Firman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2023