Ini adalah salah satu cara Citilink untuk mencapai target 4,2 juta penumpang pada tahun 2012
Lombok (ANTARA News) - Anak perusahaan PT Garuda Indonesia, Tbk, Citilink berencana membuka beberapa rute penerbangan domestik baru hingga 2012.

"Ini adalah salah satu cara Citilink untuk mencapai target 4,2 juta penumpang pada 2012," kata CEO PT Citilink Indonesia, Arif Wibowo dalam acara Media Trip bersama Citilink.

Rute yang rencananya akan dibuka hingga akhir tahun 2012 adalah Batam-Padang, Surabaya-Batam, Jakarta-Makassar, Banjarmasin-Makassar, Balikpapan-Makassar, Denpasar-Bandung, Makassar-Yogya, dan Makassar Banjarmasin.

Kota-kota tujuan baru penerbangan Citilink ini, lanjut Arif, dinilai merupakan kota-kota yang memiliki potensi tinggi, serta kondisi pasar kelas menengah Indonesia yang bertumbuh cukup pesat.

"Indonesia kaya akan wisata alam dan kulinernya, itu dari segi pariwisata. Dari sisi pekerjaan atau bisnis, tren masyarakat yang melakukan perjalanan dinas ke daerah dengan menggunakan pesawat kian meningkat. Hal ini yang menyebabkan Citilink untuk terus menambah rute penerbangan," ujarnya.

Per 15 September lalu, Citilink membuka rute penerbangan Surabaya-Lombok pulang pergi dengan frekuensi dua kali sehari. 

Citilink, yang berfokus sebagai perusahaan penyedia penerbangan berbiaya murah, kini melayani 78 frekuensi penerbangan setiap hari. Jumlah total armada yang saat ini beroperasi sebanyak 16 pesawat dan akan menambah jumlah armada hingga 21 pesawat sampai akhir 2012 dan melayani 137 frekuensi penerbangan per hari.

"Tahun ini traffic penerbangan domestik meningkat cukup pesat, di mana pasar yang lebih dominan adalah pasar menengah ke bawah, yang merupakan pasar untuk penerbangan berbiaya murah," demikian Arif.
(R022)

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012