Selama sepekan, terhitung untuk Angka Bebas Jentik (ABJ) sebesar 99,20 persen atau masuk kategori aman
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan menggelar kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) menyasar ratusan rumah di RW 09 dengan melibatkan kader juru pemantau jentik (jumantik) untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Secara keseluruhan ada 497 rumah yang diperiksa oleh para kader jumantik dalam satu minggu," kata Lurah Kelurahan Kebayoran Lama Selatan Erwan di Jakarta, Jumat.

Erwan menjelaskan para kader berpencar ke area sempit untuk mencari jentik nyamuk pada genangan air mulai dari kamar mandi rumah warga, rumah ibadah, serta lingkungan sekitar.

Dia menambahkan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan telah mencanangkan kader jumantik mandiri yakni satu rumah satu kader agar pelaksanaan pemberantasan jentik nyamuk lebih masif dan efektif untuk mencegah DBD.

Sementara, Koordinator Jumantik RW 09 Neneng Rosita mengatakan pada kegiatan PSN ini telah ditemukan jentik di sebuah ember, botol tanaman, dan di akuarium yang kemudian telah diberantas bersama.

Pihaknya mengapresiasi kerjasama antara semua pihak yang ikut berkontribusi dalam kegiatan PSN demi meraih angka bebas jentik (ABJ) di wilayahnya.

"Selama sepekan, terhitung untuk Angka Bebas Jentik (ABJ) sebesar 99,20 persen atau masuk kategori aman," ujar Neneng..

Pemerintah Kota Jakarta Selatan menangani pengobatan ribuan kasus DBD selama 2022.

"Kami mencatat dan menangani penderita demam berdarah dengue selama 2022 sebanyak 1.845 kasus," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Yudi menjelaskan data tersebut berasal dari setiap fasilitas kesehatan yang melaporkan data kasus DBD secara daring melalui "web surveilans".

Lebih lanjut, pada 2023 ini tercatat sebanyak 44 kasus DBD yang melanda wilayah Jakarta Selatan, sedangkan Kebayoran Baru tercatat sebagai kecamatan yang memiliki kasus tertinggi.
Baca juga: RSUD siap rawat pasien DBD jika terjadi lonjakan kasus
Baca juga: Angka kesakitan DBD di Pasar Rebo tertinggi di Jakarta Timur
Baca juga: DKI kemarin, rencana mogok pedagang daging hingga kasus DBD

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023