Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Lakers menghancurkan torehan 11 kemenangan beruntun Memphis Grizzlies dengan mengalahkannya 122-121 pada laga lanjutan NBA di Crypto.com Arena, Sabtu WIB.

Gim yang sengit di detik-detik akhir kuarter keempat menjadi penentu kemenangan Lakers yang hanya unggul satu poin namun lebih dari cukup untuk memupuskan harapan Grizzlies meraih 12 kemenangan beruntun.

Grizzlies sebenarnya memimpin dengan 120-117 di saat pertandingan akan berakhir 17 detik lagi. Williams melakukan pelanggaran dan menghadiahkan Lakers free throw.

Dennis Schroder mengeksekusi dua tembakan dengan mulus sehingga Lakers mempersempit jarak menjadi 120-119.

Baca juga: Schroder penentu kemenangan tipis Lakers atas Grizzlies

Schroder lagi-lagi merepotkan Grizzlies dengan mencuri bola dari Desmond Bane yang memaksa Bane melanggar Schroder yang mencoba upaya layup.

Layup dari Schroder membuahkan dua poin dan mendapatkan bonus free throw atas pelanggaran yang dilakukan oleh Desmond Bane.

Satu layup dan satu free throw didapatkan oleh Schroder sehingga membalikkan keadaan, Grizzlies tertinggal 120-122 atas Lakers saat pertandingan menyisakan 7,6 detik.

Kemenangan tampak sudah di depan mata para punggawa Lakers, namun pelanggaran yang dilakukan oleh Wenyen Gabriel memberikan Grizzlies kesempatan dua percobaan free throw.

Namun Brandond Clarke yang melakukan lemparan hanya memasukkan satu bola dari dua kesempatan yang diberikan. Alhasil, Grizzlies tak mampu memaksa diadakannya babak overtime karena skor berakhir 122-121. Lakers menang, dan catatan kemenangan 12 kali beruntun Grizzlies tinggal harapan.

Baca juga: Tanpa Curry, Warriors sukses taklukkan Cavaliers

Russel Westbrook menjadi pencetak poin terbanyak untuk Lakers dengan 29 poin, diikuti LeBron James 23 poin.

LeBron James semakin dekat dengan sejarah baru dunia bola basket sebagai pencetak poin terbanyak di dunia. James perlu mencetak 261 poin lagi untuk melampaui torehan poin paling banyak dalam sejarah bola basket yang saat ini masih dipegang oleh Kareem Abdul-Jabbar dengan 38.387 poin.

Poin terbanyak dari Grizzlies dicetak oleh Ja Morant dengan 22 poin, diikuti oleh Brandon Clarke dan Tyus Jones 20 poin, dan Desmond Bane 16 poin.

Selanjutnya, Los Angeles Lakers akan bertandang ke markas Portland Trail Blazers pada Senin (23/1) dan Memphis Grizzlies akan bertamu ke Arizona untuk menghadapi Phoenix Suns.

Baca juga: LeBron James-Kevin Durant pimpin jajak pendapat kedua All-Star

Berikut hasil pertandingan NBA lainnya:

Orlando Magic 123 - 110 New Orleans Pelicans
Atlanta Hawks 139 - 124 New York Knicks
Dallas Mavericks 115 - 90 Miami Heat
Cleveland Cavaliers 114 - 120 Golden State Warriors
San Antonio Spurs 126 - 131 Los Angeles Cippers
Utah Jazz 106 - 117 Brooklyn Nets
Denver Nuggets 134 - 111 Indiana Pacers
Sacramento Kings 118 - 113 Oklahoma City Thunder

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023