Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan pentingnya menciptakan sumber daya manusia unggul yang akan menjadi pembawa estafet kepemimpinan bangsa.

"Salah satu prioritas negara saat ini adalah memastikan terwujudnya sumber daya manusia Indonesia unggul, yaitu generasi muda pembawa estafet kepemimpinan bangsa," ujar Wapres dalam sambutannya secara daring pada acara Wisuda Sarjana Angkatan XXVI Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta, Minggu.

Wapres menyampaikan sebuah bangsa wajib memiliki SDM unggul sebagai kunci menciptakan kemakmuran di bumi, dan pendidikan menjadi faktor utama dalam mencetak generasi unggul yang berdaya saing serta memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi.

Menurut ia, ada dua faktor esensial mengenai penciptaan sumber daya manusia unggul, yaitu sumber daya manusia yang memahami ilmu agama serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus berjalan beriringan.

Pada kesempatan itu, Wapres berpesan kepada STAI Shalahuddin Al-Ayyubi untuk terus meningkatkan tata kelola serta mutu layanan pendidikan.

Ia menekankan pada era digitalisasi saat ini arus informasi dapat tersebar secara cepat sehingga diperlukan upaya para pemangku kepentingan melalui penguatan nilai-nilai karakter kebangsaan yang menjadi fondasi utama dalam mencegah masuknya paham lain yang tidak sejalan dengan Pancasila.

Wapres Ma'ruf mengingatkan bahwa pembentukan karakter bukan merupakan proses yang didapatkan secara instan sehingga harus dikembangkan secara bertahap dan berkelanjutan sejak dini, salah satunya melalui pendidikan keagamaan.

Ia berharap STAI Shalahuddin Al-Ayyubi sebagai salah satu perguruan tinggi Islam di Indonesia dapat menciptakan tokoh Muslim nasional yang mampu membawa perubahan menuju kemajuan dan menjaga nama baik bangsa Indonesia.

Mengakhiri sambutannya, Wapres memberikan ucapan selamat dan berpesan kepada para wisudawan STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta agar memanfaatkan segala ilmu dan pengalaman yang dimiliki bagi kepentingan masyarakat.

"Saya harapkan segala ilmu, pembelajaran, bekal, serta pengalaman yang telah diserap selama ini dapat optimal diamalkan untuk menebarkan kemaslahatan kepada masyarakat. Selamat kepada wisudawan-wisudawati Sarjana Angkatan ke-26 Sekolah Tinggi Agama Islam Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta," ujarnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023