Jadi dalam pelaksanaan event ini kami juga berusaha mengenalkan Kawasan Kota Tua kepada pengunjung sebagai tempat ikonik yang ada di Padang
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan kegiatan pariwisata berskala besar yang nantinya digelar pada momen libur Lebaran/Idul Fitri pada April 2023.

"Pada momen libur Lebaran 2023 nanti ada event besar yang disiapkan bagi warga Padang maupun perantau. Persiapan dimulai dari sekarang," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Padang Arfian, di Padang, Senin.

Ia mengatakan Pemkot Padang dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta kementerian terkait lainnya untuk mendapatkan dukungan sehingga kegiatan tersebut lebih semarak dan meriah.

Pemkot Padang mengatakan sejumlah rangkaian kegiatan tersebut memiliki nuansa kebudayaan, kuliner, seni, ekonomi kreatif, dan lainnya. Beberapa di antaranya adalah Festival Marandang yang merupakan kuliner khas Minangkabau yang telah mendunia, Festival Batang Arau, Padang Fashion Carnaval, Festival Bonsai, pekan ekonomi kreatif, dan lainnya.

Baca juga: Survei UI: Sumbar miliki lima destinasi wisata favorit

Menurut Arfian, serangkaian kegiatan tersebut akan digelar selama lima hari berturut-turut terhitung sejak H+1 Lebaran. Menariknya, seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan terpusat di kawasan Kota Tua, Batang Arau, kota setempat.

"Jadi dalam pelaksanaan event ini kami juga berusaha mengenalkan Kawasan Kota Tua kepada pengunjung sebagai tempat ikonik yang ada di Padang," jelasnya.

Ia mengatakan persiapan sengaja dilakukan pihaknya dari jauh-jauh hari agar matang sehingga kegiatan pariwisata itu berjalan sukses.

"Dengan persiapan yang matang diharapkan event yang kami gelar bisa meninggalkan kesan yang baik kepada pengunjung khususnya para perantau," jelasnya.

Sebab, lanjutnya, Lebaran selalu menjadi momen bagi para perantau dari Minangkabau, terutama Kota Padang, untuk pulang ke kampung halaman.

Pemerintah berharap kegiatan pariwisata tersebut bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke Kota Padang sehingga turut meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Padang siapkan empat destinasi baru geliatkan pariwsata
Baca juga: Dukung akses wisata, KemenPUPR rampungkan jembatan gantung di Padang

 
 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023