Jakarta (ANTARA) - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Razilu meninjau sarana dan prasarana di kawasan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Jakarta Timur.

"Selain Lapas dan Rutan Cipinang, beliau meninjau sarana di Rumah Sakit Pengayoman Cipinang," kata Kepala Lapas Kelas I Cipinang Tonny Nainggolan di Jakarta, Selasa.

Selepas meninjau Lapas dan Rutan Cipinang serta Rumah Sakit Pengayoman, Razilu memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran di Lapas Kelas I Cipinang.

Arahan yang diberikan Razilu tersebut lebih kepada penguatan zona integritas serta strategi-strategi kerja yang akan dilakukan pada tahun 2023.

"Arahan khusus tidak ada, pada umumnya saja mulai dari Lapas Narkotika, Rutan Cipinang, dan Rumah Sakit Pengayoman Cipinang," kata dia.

Baca juga: Petugas gagalkan penyeludupan narkoba di Lapas Cipinang
Baca juga: Lapas Cipinang periksa kondisi kesehatan napi bandar narkoba kabur


Menanggapi arahan Irjen Kemenkumham, Tonny mengatakan akan melakukan sejumlah inovasi guna mencapai kriteria zona integritas seperti yang telah ditetapkan Kemenkumham.

Termasuk, memperbaiki berbagai kekurangan tahun 2022 dengan harapan target predikat zona integritas dapat terwujud.

"Kita akan giat lagi untuk mencapai prediksi zona integritas tersebut," ucapnya.

Tonny mengatakan kedatangan Razilu dalam rangka kunjungan kerja bukan inspeksi mendadak (sidak). Razilu yang juga Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham itu mengawali kunjungannya dengan mendatangi Lapas Narkotika Cipinang.

Setelah itu, Razilu berpindah ke Rumah Sakit Pengayoman, Rutan Kelas I Cipinang, dan terakhir ke Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur. Selepas itu, ia menyempatkan melakukan tausiah serta salat Zuhur bersama dengan warga binaan.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023