Mentok, Babel (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan para nelayan agar mewaspadai potensi angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

"Para nelayan harus selalu mengutamakan keselamatan, pantau terus perkembangan cuaca dari BMKG dan jangan terlalu memaksa melaut jika cuaca tidak memungkinkan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, sampai saat ini cuaca di daerah itu belum menentu dan berdasarkan prakiraan cuaca masih akan sering terjadi angin kencang yang datang mendadak sehingga bisa membahayakan aktivitas di laut.

Baca juga: KNTI minta penguatan perlindungan nelayan hadapi perubahan iklim

Berdasarkan data prakiraan cuaca, angin kencang masih akan sering terjadi dalam beberapa hari ke depan. Adanya angin kencang itu akan berpengaruh terhadap terjadinya gelombang cukup tinggi dan arus kencang.

"Kondisi ini bisa membahayakan bagi nelayan dan warga yang beraktivitas di laut. Jadi, kami sarankan kepada para nelayan untuk menunda melaut sampai cuaca benar-benar aman. Kemungkinan pada Februari cuaca sudah cukup baik," katanya.

Selain memberikan imbauan kepada para nelayan, BPBD juga melakukan pemantauan tinggi pasang air laut yang berpotensi menimbulkan banjir laut pasang di sejumlah permukiman warga di daerah itu, jika dibarengi dengan curah hujan tinggi dalam jangka waktu lama.

"Kami sudah menerjunkan beberapa petugas untuk memantau pasang air laut di beberapa lokasi potensial banjir sebagai langkah antisipasi," katanya.

Baca juga: Ratusan nelayan di Tangerang tak melaut akibat cuaca buruk

Dalam pemantauan pasang air laut ini, Polres Bangka Barat melalui Satuan Polisi Perairan juga melaksanakan pemantauan di Kampung Tanjung yang selama ini menjadi salah satu lokasi langganan banjir laut pasang.

"Pemantauan ini sebagai langkah antisipasi agar nantinya warga siap siaga dalam penyelamatan dan evakuasi," kata Kepala Satuan Polair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto.

Ia mengatakan, patroli dilaksanakan rutin dalam beberapa hari terakhir terutama di lokasi rawan banjir seiring meningkatnya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Pada saat ini, menurut dia, pasang air laut juga sedang tinggi sehingga perlu kewaspadaan bersama untuk antisipasi bencana agar tidak menimbulkan korban jiwa dan menekan kerugian harta benda warga.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat siapkan 13 hektare Program Kampung Nelayan Maju

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih waspada menghadapi cuaca ekstrem seperti saat ini," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023