Jakarta (ANTARA) -
Artistic Director Art Jakarta Gardens 2023 Enin Suprianto mengatakan acara Art Jakarta Gardens 2023 memberikan porsi lebih kepada karya khususnya patung dan instalasi yang seharusnya bisa ditampilkan di luar ruang.
 
"Tahun ini kami memutuskan konsep ini bisa mengisi kegiatan seni rupa dengan format yang berbeda karena memberikan porsi yang lebih kepada karya seni khususnya patung dan instalasi yang seharusnya tampil di luar ruang" ucap Enin dalam Media Gathering Art Jakarta Gardens 2023 di Jakarta, Kamis.
 
Acara ini akan berlangsung pada tanggal 7-12 Februari 2023 si Hutan Kota Pelataran GBK, Jakarta. Tahun lalu, acara ini juga di selenggarakan di tempat yang sama pada bulan April 2022, dengan antusias pengunjung yang tinggi baik dari publik maupun pecinta seni seperti seniman dan kolektor. Ia mengatakan saat itu setelah pandemi belum ada acara seni rupa berupa instalasi luar ruang.
Tujuannya adalah untuk memberi suasana yang berbeda kepada publik dalam menikmati sebuah karya seni atau instalasi.
 
"Karena itu kami tetap memilih lokasi yang memberi keleluasaan untuk menampilkan karya seni dan bagi publik dapat menyaksikan karya seni dengan suasana yang kami anggap paling memadai," ucapnya.
 
Tahun ini, Art Jakarta Gardens 2023 akan menampilkan 22 galeri seni rupa dan ada fasilitas dua tenda utama dan dua tenda tambahan untuk galeri. Saat ini yang sudah terkonfirmasi akan ada 25 patung dan instalasi luar ruang yang akan memperkaya presentasi Art Jakarta Garden tahun ini.
 
Beberapa nama seniman yang akan menampilkan karyanya di luar ruang diantaranya perupa Sunaryo, Nyoman Nuarta dan Yani Maryani dan perupa muda lainnya
 
"Harapannya dapat memberikan gambaran yang umum tentang perkembangan seni kontemporer dari karya seniman ini," ucap Enin.
 
Selain karya dari seniman lokal, Art Jakarta Gardens 2023 juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan bisnis yang ingin ikut memamerkan karyanya dalam bentuk instalasi.
 
Seperti Bibit dengan Fx Harsono, Digital maping dari perusahaan penyedia jaringan internet untuk bisnis iForte , Startup Casion dengan instalasi Charging Station untuk mobil listrik. Selain itu ada juga teknologi digital dari perusahaan Gaspack yang akan menampilkan patung di luar ruang dan bisa memindai barcode untuk mendapatkan NFT. Hingga furnitur unik dari perusahaan Luar yang menampilkan desain seni rupa.
 
Selain menampilkan karya seni, acara ini juga didukung Djarum Foundation Bakti Budaya akan menampilkan pentas musik dan workshop yang dikelola oleh Sofar Sound di hari Rabu dan Kamis tanggal 8 dan 9 Februari.

Untuk publik yang ingin mendapatkan informasi tentang karya bisa mengikuti panduan bersama kurator sambil berkeliling area yang akan berlangsung dua kali sehari dengan pendaftaran terlebih dahulu.
 
Pembelian tiket akan dilakukan secara online melalui aplikasi Tix ID atau di website Art Jakarta Gardens 2023 untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: 36 seniman pameran seni rupa di arena Festival Lima Gunung

Baca juga: Perjuangan Rizki "Pablo" hingga karyanya menembus Galeri Nasional

Baca juga: Distrik Seni X Sarinah sesi kedua dibuka usung tema "Berkelanjutan!"

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023