Jakarta, 4/10 (ANTARA) - Hunian di Jakarta dan sekitarnya berkembang pesat, pertumbuhan pasar property Indonesia mencapai 6-7%, dan khusus di Jakarta dapat mencapai 10%. Bahkan menurut salah satu lembaga konsultan property ternama dapat bertumbuh sebesar 25% per tahun untuk 3 tahun ke depan, terutama di pemukiman kelas menengah.

     Pembangunan hunian di Jakarta yang tinggi tersebut terutama disumbangkan oleh pembangunan perumahan di pinggir kota Jakarta yang tanahnya masih luas ataupun apartemen di tengah-tengah kota. Perumahan dengan lahan luas yang belum dibangun di tengah kota sangat langka. Untuk wilayah Jakarta Barat Puri Botanical Residence yang dikembangkan oleh PT Copylas Indonesia adalah salah satu dari sedikit pengembang yang memiliki land bank luas yaitu seluas 135 HA di pusat kota.

     Puri Botanical Residence (PBR) sejak awal dibangun sudah memikirkan untuk menciptakan kawasan hunian yang ramah lingkungan di mana setiap penghuni yang tinggal di dalamnya dapat menikmati hijau dan rindangnya pepohonan, merdunya kicau burung dan segarnya udara sepanjang hari.

     Untuk mewujudkannya PBR dibangun dengan taman botanik yang diadopsi dari Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Taman seluas 6,5 hektar sepanjang 1,2 km ini pemilihan, penanaman dan pemeliharaan tanamannya disupervisi oleh Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, menjadikan berbagai tanaman langka di Kebun Raya Puri Botanical Residence ini menjadi sumber pengetahuan tak ternilai bagi penghuni dan keluarganya. Selain manfaat edukatif tersebut, taman botanik PBR diharapkan juga dapat memberikan manfaat ekologi dan rekreatif bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pemukiman maupun di kota Jakarta pada umumnya.

     Dari total 6,5 hektar lahan taman, dikembangnya menjadi 11 taman-taman tematik diantaranya adalah Jardin de Paris, English Garden, Concert Lawn, Forest Walk, Forest Plaza, Japanese Garden, Chinese Garden, Orchard Garden, Romantic Garden, Sculptural Garden serta Earth Mound yang desainnya menerapkan lima elemen alam (elemen kayu, tanah, api, air dan logam).

     Puri Botanical Residence merupakan proyek property pertama di Jakarta yang menerapkan penataan kawasan permukiman sebagai sebuah Botanical Residence. Penerapan konsep ini diharapkan mampu mendukung dan menciptakan kualitas lingkungan hidup yang baik. Dengan banyaknya pepohonan yang ditanam di wilayah pemukiman di PBR menjadikan tanah di sekitarnya dapat menyimpan lebih banyak air dan menjadikan tanahnya subur, selain itu suhu udara pun menjadi lebih sejuk.
 
     Kerjasama dengan Pihak Kebun Raya Bogor mulai dicanangkan sejak 16 Juni 2005 yaitu sejalan dengan re-branding kawasan yang sebelumnya bernama Mega Kebon Jeruk menjadi Puri Botanical Residence.

     Jadi pemukiman yang dikembangkan oleh PT. Copylas Indonesia ini sudah dibangun cukup lama sudah sekitar 20 tahun, Selama kurun waktu yang tidak pendek ini Copylas selalu menunjukkan komitmennya sebagai pengembang yang sangat mengutamakan keselarasan hunian dengan alam, rakyat sekitar maupun pemerintah.

     Semua lahan dipikirkan dengan matang peruntukkannya masing-masing, jalan-jalan umum (yaitu jalan Joglo Raya) dibangun untuk dimanfaatkan oleh masyarakat. Area pemakaman umum yang sudah ada tetap dipertahakan, tidak diganggu gugat, area sekitarnya bahkan dirapihkan dan dijadikan area yang hijau karena pemilik dan pemegang saham utama sangat peduli akan pentingnya nilai-nilai adat budaya dipertahankan.

     Pemilik dan pemegang saham selalu berpesan untuk memanfaatkan tanah-tanah pemukiman yang belum dimanfaatkan menjadi rumah budaya yaitu penggabungan budaya dengan lingkungan.

     Usaha-usaha yang dilakukan oleh pengembang ternyata tidak sia-sia, terbukti dengan diterimanya berbagai penghargaan berikut ini:

     1. BCI Top 10 Architect/Developer terkemuka yang memberi dampak terbesar bagi pelestari lingkungan di Asia Tenggara.
    
     Dikeluarkan oleh: BCI Asia Tahun 2011

     2. Perumahan Urban yang Konsisten Mengusung Konsep ‘Kota hijau’
    
     Dikeluarkan oleh : Majalah Property & Bank Tahun 2010

     3. “Green Property Award”
   
     Dikeluarkan oleh majalah Housing Estate. Tahun 2010

     4. Perumahan Dengan konsep Kebun Raya Terbaik di Indonesia

     Dikeluarkan oleh: Property & Bank Tahun 2009

     5. Proyek Perumahan Menengah Atas Berwawasan Lingkungan terbaik di Jakarta Barat

     Dikeluarkan oleh: Property & Bank Tahun 2008

     6. Juara I, kategori Taman Real Estate; tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat

     Dikeluarkan oleh : Pemda Tahun 2008

     7. Juara II, kategori Taman Real Estate; Lomba Taman dan Penghijauan RT tingkat Propinsi DKI

     Dikeluarkan oleh : Dinas Pertamanan Prov DKI Jakarta Tahun 2008

     8.“Anugerah Wirasatama Adhistana”, kategori perumahan skala menengah
 
     Dikeluarkan oleh: Permata Bank Tahun 2007

     Selain dari sisi lingkungan hidup, pengembang juga mendapatkan penghargaan dari Walikota Jakarta Barat sebagai Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Administrasi Jakarta Barat sejak dua tahun terakhir ini.
    
     Sejarah panjang Copylas sebagai pengembang menunjukkan bahwa perusahaan selalu mematuhi peraturan dan taat asas terhadap semua hukum dan peraturan yang berlaku.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012