pasien aktif yang masih menjalani isolasi tersisa 12 orang
Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan enam dari tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Babel pada Sabtu (28/1) tanpa penambahan kasus orang terpapar virus corona, sehingga total pasien COVID-19 aktif tersisa 12 orang.

"Saat ini penambahan dua kasus COVID-19 hanya di Kota Pangkalpinang, sementara kabupaten/kota lainnya nihil," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan enam kabupaten tanpa penambahan kasus COVID-19 yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur, karena kesadaran masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang masih baik.

"Hari ini pasien sembuh dan meninggal akibat COVID-19 ini nihil, sehingga pasien aktif yang masih menjalani isolasi tersisa 12 orang," katanya.

Baca juga: Dinkes Bangka Tengah imbau warga tetap terapkan protokol kesehatan
Baca juga: Penjabat Gubernur Babel imbau masyarakat taati prokes COVID-19

Mikron menyatakan, sebanyak 12 orang pasien aktif yang masih menjalani karantina terdapat di Pangkalpinang tujuh, Bangka Tengah dua, Bangka Selatan dua dan Bangka terdapat satu orang pasien.

"Saat ini Belitung, Belitung Timur dan Bangka Barat tanpa pasien COVID-19, sehingga tiga kabupaten itu sudah dapat dikatakan daerah zona hijau penularan virus corona ini," ujarnya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan meski PPKM sudah dicabut, namun diminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Tetap menjaga prokes, karena apapun itu sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat untuk selalu mewaspadai virus corona ini. Jangan sampai terjadi lagi lonjakan kasus tinggi, karena tidak menerapkan prokes ini," ujarnya. 

Baca juga: Pemerintah persiapkan vaksinasi COVID-19 anak usia di bawah enam tahun

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023