Jakarta (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengedukasi sekaligus mengajak masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK, menjadi Agen Penggerak Jaminan Sosial (Perisai), agar semakin banyak pekerja informal menjadi peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Agen Perisai adalah adalah agen yang bertugas mengedukasi, mensosialisasi, serta memberikan pemahaman tentang program BPJAMSOSTEK kepada masyarakat umum di desa atau kelurahan untuk memperluas cakupan kepesertaan pekerja informal dan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Salemba dalam keterangan, Kamis, mengajak ibu-ibu pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, menjadi Agen Perisai yang akan dikembangkan ke komunitas dan organisasi lain.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Salemba, M Izaddin, mengatakan tugas Agen Perisai melakukan sosialisasi sekaligus merekrut pekerja informal menjadi peserta program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan ajak pensiunan jadi agen Perisai

"Perisai juga bisa menerima pendaftaran dan melakukan pengelolaan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Izaddin.

Keagenan Perisai merupakan upaya BPJAMSOSTEK meningkatkan kepesertaan untuk dapat melindungi semua pekerja informal (Bukan Penerima Upah/BPU), seperti pedagang kaki lima, pedagang via online, juru parkir, ojek, asisten rumah tangga, keamanan komplek dan sebagainya.

"Agen Perisai akan mendapatkan insentif Rp15.000 pada setiap peserta baru pada tiga program (Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan) dan insentif dari iuran," ujar Izaddin.

Perisai diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial sebagai jaring pengaman jika terjadi kecelakaan dan kematian pada pekerja, tak peduli apapun profesi yang sedang dijalani.

"Jika ingin bergabung menjadi Agen Perisai dapat menghubungi Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Salemba di Jalan Salemba Raya No 65, Jakarta Pusat," ucap Izaddin.

Baca juga: Dukung agen Perisai, BNI jadi bank penampung dana iuran BPJS Ketenagakerjaan

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023