Tamu ATF 2023, sebagian besar turun di Bandara Internasional Yogyakarta
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyambut kedatangan delegasi ASEAN Tourism Forum 2023 di Bandara Internasional Yogyakarta dengan pertunjukan kesenian tradisional, seperti tari angguk.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulon Progo Joko Mursito di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Dispar Kulon Progo terlibat dalam berbagai kegiatan penyambutan delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, yakni penyambutan delegasi yang masuk Bandara Internasional Yogyakarta.

"Tamu ATF 2023, sebagian besar turun di Bandara Internasional Yogyakarta. Kulon Progo selaku yang memiliki wilayah mempunyai tanggung jawab supaya delegasi masuk DIY benar-benar diterima disambut dengan baik," kata Joko Mursito.

Ia mengatakan Dispar Kulon Progo telah menyiapkan kegiatan itu jauh-jauh hari. Setelah mendapatkan informasi pelaksanaan ATF 2023 di Yogyakarta 2-5 Februari ini, Ketua Badan Promosi Wisata DIY GKR Bendoro dan Dispar Kulon Progo berupaya menggaungkan kegiatan ini kepada masyarakat.

Salah satu yang telah Dispar lakukan adalah kegiatan wayang wisata istimewa yang dimiliki oleh Dispar Kulon Progo menjadi corong sosialisasi dan promosi penyelenggaraan kegiatan ATF 2023.

"Pada triwulan terakhir 2022, kami menggencarkan sosialisasi melakukan sosialisasi melalui wayang wisata istimewa dan kegiatan lain di Kulon Progo," katanya.

Baca juga: AP I berkomitmen beri layanan unggul kepada delegasi ATF 2023

Baca juga: Transaksi di Pameran Parekraf ATF Rp1,4 miliar dalam beberapa jam


Selain itu, lanjut Joko Mursito, Dispar juga menyuguhkan atraksi budaya. Dispar Kulon Progo juga menghadirkan ekonomi kreatif di pusat kegiatan ATF 2023 di JEC Yogyakarta. Kemudian menyuguhkan atraksi budaya juga.

"Kami juga melakukan kegiatan mendukung dalam bentuk sarasehan wisata untuk mendukung ATF 2023," katanya.

Sementara itu, General Manager Yogyakarta International Airport (GM YIA) Agus Pandu Purnama menegaskan saat ini semua potensi khususnya sektor pariwisata sudah menggeliat. Termasuk manajemen perusahaan pengelola YIA, PT Angkasa Pura (AP) I juga sudah sangat siap melayani rute internasional dengan penerbangan langsung baik dari segi fasilitas dan kapasitas mulai terminal dan pendaratan.

"YIA terus membuka peluang bagi maskapai untuk membuka penerbangan internasional selain Malaysia dan Singapura termasuk dari Eropa," katanya.

Diungkapkan, dibukanya rute penerbangan internasional sangat penting apalagi saat ini di Yogyakarta banyak sekali kegiatan nasional dan internasional.

Salah satunya Asean Tourism Forum (ATF) 2023 yang berlangsung 1-5 Februari 2023. Khusus agenda ATF, pihaknya sudah mempersiapkan diri mulai dari cara menerima tamu spesial, YIA juga sudah berkoordinasi dengan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selama satu bulan terakhir. Harapannya delegasi ASEAN yang datang dan tiba di YIA bisa merasakan keramahan Yogyakarta.

"Semua maskapai internasional yang membawa delegasi ATF dan akan melakukan penerbangan langsung kami siap melayani," katanya.

Baca juga: Nur Asia Uno buka Pameran Parekraf ATF 2023 di Jogja Expo Center

Baca juga: Yogyakarta dua kali jadi tuan rumah ATF

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023