Saat ini kita memiliki bonus demografi, tetapi jika ini tidak dimaksimalkan, akan menjadi bumerang demografi
Bandung (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (Ketum KNPI) Muhammad Ryano Panjaitan mengatakan keberadaan pemuda jangan sampai menjadi bumerang seharusnya bisa memaksimalkan perannya di tengah-tengah masyarakat.
 
"Saat ini kita memiliki bonus demografi, tetapi jika ini tidak dimaksimalkan, akan menjadi bumerang demografi. Apabila bonus demografi tidak dibarengi mentalitas, pengetahuan kebangsaan, keimanan, dan tidak diberi peluang, maka bukan menjadi bonus, tapi jadi bumerang demografi," kata Ketua Umum KNPI Muhammad Ryano Panjaitan pada acara Rakernas KNPI Tahun 2023 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat.
 
Menurut Ryano, pemuda dianggap memiliki kekuatan besar memajukan bangsa dengan terlebih dulu mandiri secara ekonomi.
 
"Saat ini kita memiliki jaringan organisasi hingga tingkat kecamatan. KNPI akan memaksimalkan para anggotanya melalui Program Activispreaner. Sebuah program yang mengajak pemuda mandiri secara ekonomi," kata dia.
 
Menurut dia saat ini, 60 sampai 70 persen pemuda belum mandiri secara ekonomi, terlebih pemuda sekarang dihadapkan pada tantangan tingkat pendidikan yang masih rendah.
 
"Artinya, kita akan sangat mudah digantikan oleh robot," kata dia.

Baca juga: KNPI memasukkan Erick Thohir dalam bursa cawapres Pemilu 2024
 
Pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Musyawarah Agung di Gedung Merdeka, Kota Bandung ini berkumpul para pemuda dari KNPI seluruh Indonesia beserta para raja, sultan dan tokoh adat nusantara.
 
Ratusan pemuda, raja, dan tokoh adat nusantara bakal hadir pada Rakernas yang mengusung tema “Kita Energi Bangsa”.
 
Acara dihadiri oleh Ketua Umum KNPI Muhammad Ryano Panjaitan didampingi Sekjen KNPI Almanzo Bonara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menko Marves RI Luhut Binsar Panjaitan, serta Forkopimda.
 
Menteri Luhut membuka acara sekaligus memberikan paparan tentang Transformasi Politik Menuju Indonesia Emas 2045.
 
Menurut Ketua Pengarah Rakernas KNPI Dikson Ringo, acara ini merupakan forum konsolidasi program dan kebijakan strategis organisasi yang melibatkan MPI DPP KNPI, DPP KNPI, OKP Tingkat Nasional dan DPD KNPI Provinsi se Indonesia.
 
"Rakernas KNPI ini akan dipadukan dengan musyawarah Agung yang merupakan pertemuan pemuda bersama para raja, sultan dan tokoh adat nusantara. Forum Konsultasi ini sebagai bentuk penegasan bahwa Republik Indonesia merupakan negara bangsa (nation state)," katanya.

Baca juga: KNPI pastikan tidak terjebak kepentingan politik praktis
 
Forum konsultasi ini, kata dia, ingin mendorong kemajuan peradaban Indonesia yang berbasis pada revolusi kebudayaan Bangsa Indonesia.
 
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KNPI dan Musyawarah Agung, akan digelar Pertemuan Pemuda/ KNPI bersama Raja, Sultan dan Tokoh Adat Nusantara, dan dilanjutkan dengan Festival Rakyat.
 
Rakernas DPP KNPI dilaksanakan selama dua hari, pada 3-4 Februari 2023. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan peluncuran kartu pengurus KNPI (Activispreaner card) dan mobile Apps KNPI yang bisa diakses oleh seluruh pengurus dan anggota KNPI se-Tanah Air.
 
Selain itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara KNPI dengan Kementerian Tenaga Kerja RI tentang Pembinaan Tenaga Kerja Mandiri Pemula.
 
Pada hari kedua, hadir Habib Luthfi bin Yahya selaku Dewan Pertimbangan Presiden RI dan pemikir kebangsaan Yuddy Latief.
 
Pada hari kedua, juga dilakukan pertemuan pemuda bersama raja, sultan dan tokoh adat Nusantara.
 
Selain itu akan ada pertunjukan musik spesial dan kirab budaya dari berbagai kerajaan di Nusantara.

Baca juga: KNPI: Evaluasi program deradikalisasi dan pengawasan terorisme
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023