agar anggota berkembang baik dari sisi politik, bisnis
Kediri (ANTARA) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri, Jawa Timur, mengajak seluruh pemuda yang tergabung dalam wadah organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP) untuk menjadi aktivis sekaligus entrepreneur.

"Aktivis itu harus mandiri secara ekonomi sehingga tidak merasa terbebani dengan beban yang ada, yang justru dikhawatirkan menukar idealisme," kata Ketua Umum DPP KNPI Ryano Panjaitan di Kediri, Sabtu.

Ryano Panjaitan yang hadir dalam acara "Aktivispreneur 2023" di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kota Kediri tersebut mengatakan entrepreneur turut serta melatih agar mandiri sekaligus punya jiwa sosial yang tinggi.

Pihaknya menyebut, ada banyak yang KNPI bisa lakukan untuk turut serta dalam pembangunan negara. Di KNPI banyak pemuda, yang merupakan aset untuk membangun bangsa.

Ia mengatakan, perubahan pola pikir untuk membangun jiwa entrepreneur juga terus dipupuk di KNPI, yakni bagaimana membangun bisnis, kemudian yang sudah punya bisnis dibikinkan scale up atau meningkatkan sesuatu sehingga usahanya juga bisa lebih berkembang.

Baca juga: Sleman jadi proyek contoh nasional implementasi kewirausahaan pemuda
Baca juga: Pemkot Mojokerto gelar pelatihan wirausaha pemuda


Ryano juga mengatakan di era sekarang ini juga harus bisa memanfaatkan berbagai macam celah agar usaha yang sudah dikelola bisa semakin maju seperti memanfaatkan media sosial.

Dengan membangun bisnis, turut serta menekan angka pengangguran yang kini masih sekitar 8 juta jiwa, mengurangi angka kemiskinan yang masih sekitar 27 juta jiwa.

"Kami dorong menjadi entrepreneur yang go digital. Jadi, memanfaatkan digital untuk hal yang produktif, jangan jadi konsumen saja," kata dia.

Ketua DPD KNPI Kota Kediri Reza Darmawan mengatakan program entrepreneur ini sangat menarik dan bagus untuk OKP. Apalagi di zaman sekarang yang memang banyak membutuhkan kolaborasi dan kemampuan yang cukup berharga.

"Program ini tentunya menginspirasi OKP agar tertarik dan melihat bahwa di KNPI sisi ekonomi juga kami dorong," kata dia.

Baca juga: Semangat atlet berwirausaha demi bekal di hari tua
Baca juga: Pemprov Jatim siap kolaborasi dengan Pemuda Wirausaha pulihkan ekonomi
​​​​​​

Reza juga mengatakan OKP nantinya terus sinergi dengan pemerintah daerah sehingga menjadikan pemuda yang mandiri.

"Harapan kami OKP yang bekerja sama dengan KNPI, bisa masif dan terbuka. Program kami juga turut agar anggota berkembang baik dari sisi politik, bisnis," kata dia.

KNPI juga mendukung langkah pemkot yang turut serta berupaya menciptakan wirausaha baru. Ada 3.110 orang ditargetkan pada 2023 ini menjadi wirausaha baru, seperti program yang telah KNPI buat.

Kegiatan ini dihadiri pengurus KNPI pusat hingga daerah, anggota KNPI dari Kediri dan sekitarnya, perwakilan organisasi kepemudaan dan tamu undangan lainnya.

Acara yang berlangsung hingga Sabtu (24/6) malam itu juga dimeriahkan dengan pameran dan berbagai hiburan.

Baca juga: Dispora siap beri pelatihan kewirausahaan kepada 2.000 pemuda Kaltim
Baca juga: Deputi Kemenpora sebut wirausaha muda soko guru kemandirian bangsa
Baca juga: Kemenpora siap dukung ekosistem bantu pemuda kembangkan wirausaha

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023