Yogyakarta (ANTARA) - Para delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menikmati pertunjukan seni tari "Beksan Ajisaka" karya Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Minggu malam.

Sebelum menyaksikan tarian itu, para delegasi dijamu berbagai hidangan makan malam khas Keraton Yogyakarta.

"Selamat menyaksikan Beksan Ajisaka yang syarat ajaran luhur nilai-nilai kehidupan dan kemanusiaan," kata Sultan Hamengku Buwono (HB) X yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kepada para delegasi.

Baca juga: Menparekraf dan delegasi ATF kunjungi Travel Expo 2023 di Yogyakarta

Beksan Ajisaka, mengutip laman resmi Keraton Yogyakarta, merupakan "beksan kakung" atau tari putra yang pertama diciptakan Sultan HB X sejak bertakhta.

Tarian tersebut diilhami dari Serat Ajisaka yang ditulis sendiri oleh Sultan HB X sebagai esensi pemaknaan di balik aksara Jawa.

Aksara Jawa yang sarat makna ajaran luhur tersebut selanjutnya dijadikan edukasi jati diri manusia sebagai ciptaan yang paling sempurna serta penanda atas peristiwa masa lalu sebagai refleksi untuk saat ini dan masa yang akan datang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berterima kasih kepada Sultan HB X atas jamuan makan malam bagi para delegasi.

Baca juga: ATF 2023 sepakati kolaborasi penguatan strategi pariwisata di ASEAN

Para menteri pariwisata se-ASEAN, menurut Sandiaga, mengaku memiliki kesan mendalam terhadap tarian ciptaan Sultan HB X itu.

"Menteri-menteri (pariwisata) ASEAN sangat terpukau dengan jamuan dan juga tarian yang menggambarkan bahwa kearifan, 'wisdom' itu sangat diperlukan dalam kehidupan kita terutama dalam menghadapi tantangan dan perjuangan," kata Sandiaga.

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang berlangsung di Yogyakarta, 3-5 Februari 2023 merupakan kegiatan pariwisata terbesar di kawasan ASEAN yang rutin digelar setiap tahun.

Kehadiran ATF menjadi ruang kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN untuk mempromosikan wilayah ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata.

Baca juga: Menparekraf optimistis pariwisata ASEAN mampu hadapi tantangan global

ATF 2023 menyepakati berbagai upaya kolaborasi negara-negara ASEAN untuk memperkuat implementasi strategi pariwisata di kawasan itu (ASEAN Tourism Strategic Plan/ATSP).
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023