Saat pelaksanaan nanti, kami juga akan siagakan 3 unit mobil rescue, 2 unit ambulans dan beberapa kendaraan operasional lainnya,
Sidoarjo, Jatim (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, Jawa Timur menyiapkan 12 unit toilet portabel yang dipasang di sejumlah titik pada peringatan seabad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
 
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto melalui Plt Kabid KL Satriyo Nurseno di Sidoarjo, Senin mengatakan, pihaknya juga mendirikan 4 unit tenda roder dengan 70 unit kasur sebagai tempat rehat para peserta.

"Pendirian 2 unit dapur umum untuk kebutuhan logistik peserta dan packing makanan ringan yang dilakukan secara bertahap di Kantor BPBD Jatim," katanya.
 
Ia mengatakan, BPBD Jatim bersama Tim Modifikasi Cuaca (TMC) juga telah melakukan tiga kali penyemaian garam NaCI di sejumlah titik sekumpulan awan di langit wilayah Kabupaten atau Kota Malang, Tuban, Gresik dan Bojonegoro.
 
Kegiatan TMC ini dilakukan mengingat berdasar prakiraan cuaca BMKG, untuk wilayah GOR Delta Kabupaten Sidoarjo, dalam tiga hari ini berpotensi hujan ringan hingga sedang pada siang, sore atau malam hari.
 
Kegiatan kolaboratif ini dilangsungkan bersama Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Bandara Juanda, TNI AU Bandara Abd. Shaleh Malang, BRIN, BMKG dan BNPB.
 
Sebelum melaksanakan kegiatan dukungan seabad NU, Tim BPBD Jatim juga menggelar apel pasukan yang diikuti TRC BPBD Kota Surabaya dan TRC BPBD Sidoarjo.
 
"Saat pelaksanaan nanti, kami juga akan siagakan 3 unit mobil rescue, 2 unit ambulans dan beberapa kendaraan operasional lainnya," ujarnya.
 
Sejumlah armada yang disiapkan itu, di antaranya adalah, 3 unit truk tangki, 2 unit serbaguna, 1 unit truk long dan 2 unit roda 3.
 
"Sekitar 150 personel BPBD Jatim ikut terlibat dalam mendukung seabad Abad NU tahun ini, termasuk Tim Srikandi BPBD, TRC BPBD Jatim dan dukungan dari TRC BPBD Kota Surabaya dan TRC BPBD Kabupaten Sidoarjo," katanya.
 
Selain BPBD Jatim, sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Jatim juga turut mendukung suksesnya pelaksanaan Harlah 1 Abad NU kali ini. Di antaranya, Disperindag Jatim, Biro Perekonomian Setdaprov Jatim, Dinas PU Cipta Karya dan Dinas Sosial Jatim, demikian Gatot Soebroto.

Baca juga: BPBD Jatim modifikasi cuaca antisipasi hujan saat peringatan seabad NU

Baca juga: Gubernur Khofifah: Sidoarjo siap gelar puncak peringatan Seabad NU

Baca juga: Pangdam Brawijaya antisipasi gesekan massa di harlah seabad NU

Baca juga: Saat seabad NU, Bupati Sidoarjo instruksikan siswa belajar di rumah

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023