Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat melakukan beragam upaya agar salah satu kelurahan di Kecamatan Palmerah mendapatkan predikat bebas buang air besar sembarangan (Open Defecation Free/ODF).

ODF adalah status yang diberikan kepada sebuah wilayah yang telah memiliki tangki septik yang layak sehingga lingkungannya bersih dan terhindar dari temuan kasus tengkes (stunting).

"Memang di Kecamatan Palmerah belum ada kelurahan yang ODF karena masih ada temuan kasus," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari saat ditemui di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Senin.

Nerdasarkan data yang dia milik tercatat ada 189 kasus tengkes yang ditemukan di wilayah Palmerah.

Baca juga: Jakbar sebut 90 persen kelurahan terverifikasi bebas BAB sembarang

Jumlah tersebut merupakan data terakhir yang dikeluarkan pada November 2022. Berdasarkan data tersebut, pihaknya lalu melakukan pemetaan.

Hal yang dipetakan, yakni penyebab tengkes di wilayah ini mulai dari masalah gizi bayi dan ibu hamil hingga kebersihan lingkungan.

Jika ditemukan masalah kekurangan gizi pada bayi dan ibu hamil, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) akan memberikan penganan secara medis.

"Salah satunya identifikasi balita dan diberikan intervensi gizi. Kalau ada infeksi kita bawa ke Puskesmas untuk penanganan atau kita rujuk ke RS," kata Erizon.

Di saat yang sama, pihaknya juga akan mengerahkan kader Puskesmas untuk menyosialisasikan pola hidup sehat demi mencegah potensi tengkes.

Baca juga: Pemkot Jakbar pakai detektif untuk deteksi warga BAB sembarang

Pihaknya juga bekerjasama dengan instansi terkait dalam hal ini Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk membuat saluran air dan tangki septik yang layak.

Dengan demikian, warga tidak akan buang kotoran sembarangan sehingga lingkungan menjadi bersih dan sehat. Dengan upaya tersebut, Erizon berharap salah satu kelurahan di Kecamatan Palmerah bisa mendapatkan predikat ODF.

Sebelumnya, sebanyak 13 kelurahan di wilayah Jakarta Barat telah menerima predikat ODF tahun 2023.

Ke-13 kelurahan itu, yakni ​​​​​Pekojan, Duri Utara, Sukabumi Selatan, Duren Selatan, Meruya Selatan, Joglo, Tamansari, Kalideres, Roa Malaka, Srengseng, Tanjung Duren Utara, Pegadungan dan Meruya Utara.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023