Jakarta (ANTARA) -
Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Senin (6/2), mulai dari Presiden Jokowi segera mengeluarkan Perpres tentang "Media Sustainability" hingga KPU RI memaparkan rancangan PKPU tentang daerah pemilihan (dapil) dalam raker dengan Komisi II DPR RI.
 
Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.
 
1. Presiden terbitkan Perpres "Media Sustainability" jelang Hari Pers
 
Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang "Media Sustainability" (MS) menjelang Hari Pers Nasional yang diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya.
 
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menerima anggota Dewan Pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/2).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
2. Menkomifo: Presiden Jokowi bangun infrastruktur digital daerah 3T
 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus membangun dan memperkuat infrastruktur digital di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).
 
"Hadirnya Presiden Joko Widodo untuk menghubungkan yang belum terhubung di wilayah nasional," katanya dalam rapat bersama Komite I DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (6/2).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
3. Presiden Jokowi-Iriana tiba di Sidoarjo untuk hadiri Satu Abad NU
 
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (6/2) sore, untuk menghadiri resepsi puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama pada Selasa (7/2).
 
Berdasarkan keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin (6/2), kedatangan Presiden dan Ibu Iriana disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Toni Harmanto, dan Danlanud Muljono Kolonel Pnb. Sugeng Budiono.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
4. Presiden panggil Menteri LHK Siti Nurbaya ke Istana
 
Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/2).
 
Siti tampak datang seorang diri ke Istana Kepresidenan Jakarta.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
5.KPU paparkan rancangan PKPU tentang dapil dalam raker dengan Komisi II
 
KPU RI memaparkan Rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu Tahun 2024 dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Jakarta, Senin (6/2).
 
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, saat menyampaikan pemaparan dalam Raker Komisi II DPR RI dengan KPU RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/2), menyebutkan dasar hukum rancangan PKPU tersebut meliputi tujuh prinsip penyusunan dapil yang diatur Pasal 185 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023