Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pelaku wisata meningkatkan kreativitas dalam menggaet minat turis, terutama dari dalam negeri, untuk mengunjungi tempat-tempat wisata antara lain dengan menghadirkan beragam kegiatan wisata menarik.

"Pada kondisi saat ini, dituntut peningkatan kreativitas para pelaku wisata di Tanah Air untuk menyelenggarakan event-event (kegiatan) yang menarik, dengan melibatkan industri kreatif di sejumlah daerah," kata Lestari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, hal itu penting dilakukan di tengah dampak resesi global yang berpotensi menurunkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Dia mencontohkan kreativitas tersebut dapat berupa penyelenggaraan berbagai kegiatan yang berkenaan dengan kuliner, belanja, atau menghadirkan perjalanan ke desa wisata.

Lestari menyampaikan Bank Dunia melaporkan pertumbuhan ekonomi global akan melambat tajam menjadi 1,7 persen pada 2023. Kondisi tersebut, katanya, harus diantisipasi oleh Pemerintah dengan mengedepankan sejumlah upaya alternatif yang mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Kepemimpinan RI di ASEAN dapat wujudkan target

Dia pun menilai wisatawan dari dalam negeri berperan besar dalam memastikan sektor pariwisata nasional tumbuh sesuai rencana, seperti yang ditargetkan Pemerintah kunjungan wisatawan dalam negeri sebanyak 7,4 juta orang.

Dengan demikian, peningkatan kreativitas dalam mengembangkan kegiatan wisata itu bernilai penting untuk dilakukan para pelaku wisata.

Selain itu, para pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah, juga harus mendukung peningkatan kreativitas dalam mengembangkan kegiatan wisata dengan menghadirkan kebijakan yang memudahkan.

Meskipun demikian, ia mengingatkan Pemerintah agar dalam menyusun kebijakan itu tetap mengutamakan aspek keamanan dan kesehatan.

Lestari pun menilai kolaborasi semua pihak dalam mengupayakan pertumbuhan sektor pariwisata nasional harus mampu diwujudkan dalam upaya menjawab sejumlah tantangan dampak resesi global.

Baca juga: Wakil Ketua MPR dukung peningkatan kompetensi lulusan perguruan tinggi
Baca juga: ATF 2023 sepakati kolaborasi penguatan strategi pariwisata di ASEAN

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023