Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Selasa (7/2) kemarin mulai dari Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Turki hingga puncak perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Indonesia salurkan bantuan kemanusiaan ke Turki
Pemerintah Indonesia akan menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Turki untuk membantu korban gempa besar di negara yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan tersebut.

“Sedang disiapkan bantuannya oleh Menteri Luar Negeri, Kemenhan dan juga oleh Kemensos. Baru disiapkan dan segera akan dikirim secepatnya, ini tadi pagi masih mencari pesawat,” ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

2. Presiden Jokowi: Buronan korupsi pasti ditemukan
Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan keyakinannya bahwa aparat penegak hukum pasti menemukan buronan tindak pidana korupsi.

"Bahwa ada yang belum ketemu setahun, tetapi 6 bulan ketemu juga ada, tetapi ada juga yang belum ketemu. Kalau barangnya ad,a pasti ditemukan dong," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

3. Doli Kurnia: Golkar-PKS sepakat jaga suasana kondusif kebangsaan

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan pertemuan elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar menyepakati untuk menjaga suasana kondusif kebangsaan.

"Pemilu adalah kontestasi antara partai politik, tapi kami sepakat sebagai pimpinan partai politik mempunyai kewajiban untuk menjaga suasana kondusif kebangsaan agar semua elemen masyarakat bisa terlibat aktif di dalam persiapan pemilu," katanya saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

4. Presiden Jokowi: Adab kedua NU jadi momentum kebangkitan baru

Presiden Joko Widodo menyebut abad kedua Nahdlatul Ulama (NU) menjadi penanda kebangkitan baru organisasi tersebut sekaligus memperkokoh keislaman dan ke-Indonesiaan.

"Semoga momentum abad kedua NU ini menjadi penanda kebangkitan baru NU, memperkokoh keislaman dan keindonesiaan, meningkatkan kesejahteraan umat serta membangun masa depan Indonesia yang maju dan bermartabat," kata Presiden Jokowi di Stadion Delta Gelora Sidoarjo, Jawa Timur pada Selasa.

Selengkapnya di sini

5. Wapres tegaskan NU harus bertransformasi sesuai perkembangan zaman
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan Nahdlatul Ulama harus bertransformasi dan beradaptasi sesuai perkembangan zaman agar dapat terus berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

“Memasuki usia baru, NU harus mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman yang membawa aneka tantangan,” ujar Wapres dalam ucapan selamat secara daring atas Peringatan Satu Abad NU yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Banten di Jakarta, Selasa, sebagaimana siaran pers yang diterima.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023