Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui One Onco mengingatkan pentingnya mendeteksi kanker sekaligus mengedukasi cara mudah mengenali kanker sejak dini.

Medical Executive PT Kalbe Farma Tbk dr Della Sulamita dalam keterangan persnya pada Rabu menjelaskan ada sejumlah jenis kanker seperti kanker otak, kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker kulit, kanker tulang (osteosarcoma), melanoma, leukimia, hingga limfoma. Faktor risiko setiap jenis kanker pun berbeda-beda. Salah satunya, kanker serviks yang tidak hanya menyerang wanita usia tua atau setelah menopause, tetapi usia produktif yang sudah pernah melakukan hubungan seksual pun berisiko.

“Penyebab kanker serviks adalah HPV (Human Papilloma Virus). Pada pencegahan primer, sebelum menikah mulai dari usia 9 tahun bisa menerima vaksinasi HPV dan biasanya perlu mendapatkan tiga kali suntikan untuk perlindungan seumur hidup. Sedangkan pada pencegahan sekunder, sifatnya deteksi dini oleh orang yang sudah aktif berhubungan seksual, yakni dengan melakukan inspeksi ke dokter spesialis,” jelas dr. Della.

Baca juga: Kemenkes-MD Anderson kerja sama tingkatkan layanan pasien kanker

Ketika inspeksi ke dokter spesialis, kata dr Della, akan dilihat kondisi mulut rahim, pemeriksaan pap smear, hingga pemeriksaan HPV genotyping atau DNA untuk melakukan pemeriksaan virus di area mulut rahim. Apabila terdeteksi adanya kanker serviks, maka dapat segera melakukan pengobatan dan perawatan.

"Ketika kita sudah melakukan deteksi dini rutin setiap tahunnya atau setiap lima tahun sekali, kita bisa menemukan cikal bakal kanker. Tahap pengobatannya sangat jelas, yakni operasi, kemoterapi, atau radioterapi. Sehingga pasien yang sudah didiagnosa kanker jangan membuang waktu, segera melakukan pengobatan. Jadi mudah-mudahan dengan pengobatan tersebut, sel kankernya bisa hilang dan kualitas hidup pasien pun akan meningkat," kata dr Della.

Ia menjelaskan bahwa kanker bisa disebabkan oleh genetik, faktor keturunan, gaya hidup yang kurang baik, konsumsi makanan tidak sehat, perubahan hormonal dalam tubuh, hingga terpapar bahan-bahan tertentu. Gaya hidup menjadi hal penting yang harus diperhatikan, bahkan oleh kaum milenial. Dalam hal ini, jangan mengonsumsi makanan dengan banyak bahan pengawet.

"Sebaiknya kita mengonsumsi makanan segar atau kita olah sendiri, kemudian perbanyak makan sayur dan buah, hindari konsumsi alkohol dan merokok. Konsumsi air putih, jadi jangan banyak minum manis. Olahraga juga penting karena biasanya kita di kantor delapan jam duduk terus-menerus, pulang langsung tidur akibat lelah," urai dr Della.

"Mulailah luangkan waktu 1-2 jam untuk jalan pagi atau sore, sejauh 10.000 langkah setiap harinya," saran dia.

Baca juga: Pemerintah tingkatkan deteksi dini untuk tekan kematian akibat kanker

Informasi detail terkait kanker bisa dengan mudah didapatkan masyarakat melalui ekosistem One Onco milik Kalbe. One Onco memiliki lima pilar, yakni deteksi kanker; direktori layanan yang memberikan data nama dokter, jadwal, hingga lokasi praktik di seluruh Indonesia; belanja sehat yang mempermudah masyarakat berbelanja vitamin dan suplemen; dan konsultasi online.

Pilar terbaru tahun ini layanan home care, khusus untuk pasien kanker atau keluarga yang membutuhkan layanan home care.

"Untuk bisa menambah hal yang dibutuhkan oleh para pejuang kanker maupun keluarga, kita bekerja sama dengan broker asuransi WE+ yaitu mengadakan bundling program," kata Project Executive One Onco PT Kalbe Farma Tbk, Tiara Indriani.

“Menyambut Hari Kanker Sedunia, WE+ bekerja sama dengan One Onco, yaitu menyediakan asuransi critical illness for woman. Kami memilih One Onco sebagai partner karena yang terbaik, One Onco punya produk deteksi dini yang cukup bagus karena orang kadang-kadang merasa sehat ternyata ada potensi kanker ataupun sudah terkena kanker,” kata Project Executive WE+, Albert Samrei Maruli Sinurat.

Tiara mengatakan, akan diberikan layanan dengan harga khusus untuk pemeriksaan deteksi kanker serviks, yang di fasilitas kesehatan tertentu seharga jutaan rupiah. Jika membeli deteksi dini di website www.oneonco.co.id berkesempatan memperoleh asuransi critical illness dari WE+ dengan uang pertanggungan mencapai Rp10.000.000.

Baca juga: Leukimia dominasi kasus kanker pada anak di Indonesia
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023