Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan elektronik asal Jepang Sharp meluncurkan produk penjernih udara untuk mengurangi kelembapan ruangan atau dehumidifier dengan menerapkan teknologi plasmacluster guna mencegah berkembangnya bakteri dan virus.
 
PSG Manager for AC and Air Purifier PT. Sharp Electronics Indonesia Yudha Eka Putra mengatakan Indonesia memiliki udara yang lembab karena curah hujan tinggi, sehingga udara di dalam ruangan menjadi lembab. Oleh sebab itu, produk ini dapat menarik kelembaban udara ruangan agar menjadi ideal dan sehat untuk dihirup.
 
"Faktor eksternal membuat udara yang ada di dalam ruangan menjadi lembab dan berkembangnya virus dan bakteri. Dengan efek negatif ini Sharp ingin memberikan solusi dengan menggunakan dehumidifier," ucapnya dalam acara peluncuran produk Sharp Dehumidifier di Park Hyatt Hotel Jakarta, Rabu.
 
Sharp Dehumidifier hadir dalam dua tipe yaitu tipe DW-D12A-W dengan kapasitas 12 liter dan DW-E16FA-W dengan kapasitas paling besar 16 liter. Penggunaan kedua tipe dehumidifier ini dapat disesuaikan dengan ukuran kamar, paling kecil untuk ukuran kamar 26 m2 dan paling besar 38 m2.

Baca juga: Sharp optimis RI tak resesi, penjualan 2023 ditargetkan Rp12 triliun
 
Sharp telah menggunakan teknologi plasmacluster secara paten selama 20 tahun. Teknologi ini dapat menghambat perkembangan virus dan bakteri yang biasa ada pada benda-benda yang lembab seperti baju, kasur atau sofa. Bakteri dan virus dapat membuat benda-benda tersebut menjadi bau dan dapat menyebabkan alergi pada kulit.
 
"Plasmacluster dapat membuat bau tak sedap jadi netral. Ketika lembab jadi sarang yang baik bakteri virus berkembang, dengan Plasmacluster dia akan menempel dengan permukaan virus dan bakteri dan akan membuat jadi tidak aktif," ucapnya.
 
Sharp telah menerapkan teknologi plasmacluster pada setiap produk rumah tangga miliknya dan sudah terjual lebih dari 100 juta unit.
 
Selain itu, dehumidifier Sharp juga dilengkapi HEPA filter dan deodorizing filter yang memiliki masa pakai sampai 5 tahun. Dan dalam dehumidifier juga memiliki fungsi air purifier sehingga dapat menarik kelembaban udara dan sekaligus membersihkan udara dalam ruangan.
 
Fitur lainnya yang diunggulkan adalah fitur laundry untuk mengeringkan pakaian dengan lebih cepat setelah dicuci jika dihadapkan pada musim hujan.
 
Harga yang dipasarkan Sharp untuk dehumidifier ini adalah Rp3,6 juta untuk ukuran kecil dan Rp4,6 juta untuk ukuran yang besar.

Baca juga: Sharp Indonesia ajak siswa SMA gaungkan pelestarian lingkungan

Baca juga: Sharp Indonesia donasikan Rp208 juta dukung Garuda INAF di Piala Dunia

Baca juga: Sharp Indonesia bidik kenaikan penjualan 10 persen sampai akhir 2022

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023