Denpasar (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang kecepatan 4–45 kilometer per jam di Bali pada 8–10 Februari.

“Prediksi cuaca 3 hari ke depan, angin umumnya bertiup dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan berkisar antara 4–45 kilometer per jam,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Bali, Rabu.

Ia menambahkan potensi angin kencang itu ada di Bali bagian selatan dan timur.

Tidak hanya itu, BMKG juga mengimbau kemungkinan gelombang laut tinggi yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, dan Samudera Hindia di bagian selatan Bali.

Baca juga: Cuaca ekstrem, PLN perbaiki 6 jaringan listrik selama Februari di Bali

Baca juga: BMKG: Waspada dampak hujan dan angin kencang di Bali sampai 30 Januari


Imbauan itu ditujukan oleh BMKG kepada masyarakat yang beraktivitas di wilayah pesisir, nelayan, dan pelaku kegiatan usaha bahari lainnya.

“Prediksi 3 hari ke depan tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar 0,25–1,5 meter, di perairan selatan Bali 1–4 meter, di Selat Bali 1–3 meter, dan di Selat Lombok 1–3 meter,” kata Cahyo Nugroho.

Di beberapa tempat wisata seperti Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, dan Sanur, BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih.

“Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku kegiatan usaha bahari agar mewaspadai potensi angin kencang dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di perairan utara dan selatan Bali,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar.

Kemudian, BMKG juga memprediksi cuaca secara umum berawan, tetapi ada kemungkinan hujan ringan sampai dengan hujan sedang di sebagian besar wilayah Bali pada 8–10 Februari.

Di tempat tujuan wisata seperti Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, dan Sanur, hujan ringan diprediksi turun pada malam sampai dengan dini hari. Sementara di Bedugul, hujan sedang diprediksi turun pada dini hari.

Di Kintamani, hujan sedang diprediksi turun pada siang hari, kemudian di Besakih hujan disertai kilat/petir diperkirakan turun pada siang dan dini hari.*

Baca juga: BMKG beri peringatan potensi angin kencang di Bali hingga 25 Januari

Baca juga: BMKG: Waspadai angin kencang dan gelombang tinggi di Bali

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023